Jakarta (ANTARA) - Nama Shawn Corey Carter alias Jay Z akhir-akhir ini mencuat ke publik karena sebuah skandal yang menimpa kerabat dekatnya, yaitu Sean Combs alias P Diddy.

Dirinya diduga terlibat dalam skandal prostitusi, narkotika, pemerasan, dan kekerasan seksual yang dilakukan oleh P Diddy.

Bersama istrinya, Beyoncé, ia kerap terlihat berada dalam lingkup yang sama dengan P Diddy, bahkan pasangan ini dikabarkan tidak pernah absen dalam pesta "White Party" atau "Freaks off" yang diadakan Diddy, sekaligus pesta yang diduga sebagai tempat terjadinya pesta seks dan skandal yang diberitakan tersebut.

Hal ini cukup mengejutkan publik dan industri hiburan dunia, mengingat Jay Z merupakan sosok terkenal di jagat hiburan dunia sebagai rapper dan produser musik legendaris sejak akhir 1990-an.

Profil Jay Z

Shawn Corey Carter, lebih dikenal dengan nama panggung Jay-Z, lahir pada 4 Desember 1969, di Brooklyn, New York. Dia adalah salah satu rapper, produser, pengusaha, dan ikon paling berpengaruh di dunia hip-hop.

Jay-Z tumbuh di lingkungan Marcy Projects yang terkenal keras di Brooklyn, dan dari sana lah ia mulai mengejar karier Hip-Hop pada awal 1990-an.

Pada 1996, ia merilis album debutnya berjudul "Reasonable Doubt", yang mendapat pujian luas dari kritikus musik. Kesuksesan Jay-Z tidak hanya terbatas pada dunia musik, dia juga merupakan seorang pengusaha sukses dengan berbagai usaha di bidang mode, teknologi, dan hiburan.

Jay-Z mendirikan Roc-A-Fella Records pada 1995 bersama Damon Dash dan Kareem Burke. Label ini memainkan peran penting dalam membangun karier musiknya.

Selain itu, Jay-Z juga terlibat dalam dunia bisnis dengan mendirikan perusahaan pakaian Rocawear dan membeli saham di perusahaan minuman keras, seperti Armand de Brignac Champagne.

Di bidang olahraga, dia memiliki saham di tim NBA Brooklyn Nets dan mendirikan Roc Nation Sports, sebuah agensi olahraga yang mewakili atlet terkenal.

Jay-Z dikenal sebagai salah satu rapper terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih yang diperkirakan melebihi 2 miliar dolar AS.

Selain kesuksesannya di dunia bisnis, Jay-Z juga dikenal karena hubungannya dengan musisi ternama Beyoncé, yang dinikahinya pada 2008. Pasangan ini sering dianggap sebagai "power couple" dalam industri hiburan.
Penyanyi rap Sean ‘Diddy’ Combs (kanan) dan Jay Z (kiri). (ANTARA/Instagram/diddy)


Keterkaitan dengan P Diddy

Sean Combs atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya P Diddy atau Puff Daddy adalah salah satu nama besar lainnya di dunia hiburan Amerika.

Sebagai rapper, produser, dan pengusaha, Diddy telah lama dikenal sebagai tokoh penting dalam industri musik, terutama melalui label rekamannya, Bad Boy Records, yang mempopulerkan banyak artis hip-hop pada 1990-an, termasuk The Notorious B.I.G.

Jay Z dan P Diddy memiliki beberapa keterkaitan yang menunjukkan hubungan profesional di antara keduanya. Salah satunya adalah hubungan mereka dalam industri musik Hip-Hop dan R&B, di mana kedua artis sering berada di acara yang sama, seperti perhelatan besar industri musik dan kegiatan lainnya.

Pada tahun 2019, Jay Z bersama istri-nya, Beyoncé dan P Diddy terlihat bersama di beberapa acara, termasuk perayaan ulang tahun ke-50 Diddy, di mana sejumlah nama besar selebriti papan atas lainnya turut hadir.

Kemudian, saat perhelatan Super Bowl 2020, di mana Jay Z hadir sebagai tamu kehormatan bersama Beyoncé, P Diddy juga memberikan dukungan untuk acara tersebut melalui platform media sosialnya.

Kedua ikon ini juga sering menunjukkan dukungan untuk komunitas kulit hitam Amerika dan gerakan Black Lives Matter.

Pada tahun 2020, ketika protes besar-besaran berlangsung di Amerika Serikat, baik Jay Z maupun P Diddy berbicara secara terbuka mendukung keadilan sosial dan menyerukan kesetaraan ras. Keduanya dianggap sebagai pengaruh besar bagi perubahan budaya dan sosial, terutama di kalangan generasi muda Afrika-Amerika.

Namun, setelah kasus yang melibatkan P Diddy akhir-akhir ini. Nama Jay Z dan Beyoncé turut dilibatkan, bahkan muncul konspirasi bahwa pasangan ini adalah anggota dari aktivitas kriminal yang dilakukan oleh P Diddy.


Baca juga: Profil Beyonce: Jejak karier hingga konspirasi skandal P Diddy

Baca juga: Kisah Snoop Dogg, dari gangster jalanan hingga rapper top dunia

Baca juga: Profil Kim Kardashian yang ikut terseret skandal P Diddy