Jakarta (ANTARA) - Relawan Anies Baswedan, Laode Basir menitipkan harapan kepada pasangan Pramono Anung-Rano Karno untuk memperjuangkan nasib kaum miskin jika terpilih memenangkan Pilkada DKI.
"Kami menemukan harapan-harapan yang selama ini kita perjuangkan lewat mas Anies ini bisa kita titipkan ke mas Pram," ujar Laode usai deklarasi Pramono-Rano di Warung Buncit Jakarta, Kamis.

Baca juga: KPU DKI: Jadwal debat kedua Pilkada Jakarta pada 27 Oktober
Laode menilai Pramono memiliki kesamaan ideologi dan sikap seperti Anies dalam menyikapi permasalahan yang ada di Jakarta.

Dia mengaku telah melakukan penelusuran terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk mendukung pasangan calon nomor urut tiga.

Terlebih, dia juga sempat berdiskusi dengan Pramono dan membaca visi misi yang ditawarkan.

Baca juga: KPU ingatkan paslon tak gunakan istilah kurang familier saat debat
Ia pun mempelajari pernyataan-pernyataan Pramono tentang penyelesaian masalah-masalah yang ada di Jakarta seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP), Kartu Jakarta Sehat (KJS), dan lansia. Termasuk, terkait permasalahan warga Kampung Bayam tidak luput dari perhatiannya.

"Ini semua membuat ketertarikan kami sebagai relawan untuk berjuang bersama memenangkan mas Pram dan bang Doel," ucapnya.

Mendengar hal itu, Pramono mengatakan bahwa dukungan yang diterimanya memberikan semangat baru.

"Saya serius untuk memenangkan pertarungan ini," tegas Pramono.

Baca juga: Bawaslu Jakut ajak pelajar jadi pengawas partisipatif di Pilkada
Dengan pengalaman selama 25 tahun menjadi pejabat, dia menegaskan momen pilkada ini adalah waktunya untuk berbuat untuk warga kalangan bawah.

"Sudah saatnya negara hadir untuk untuk warga kurang mampu untuk menyelesaikan permasalahan mereka," ucapnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, jumlah penduduk miskin pada Maret 2024 sebesar 464,93 ribu orang, menurun 12,9 ribu orang terhadap Maret 2023 yang sebesar 477,83 ribu orang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan transformasi Jakarta menjadi kota global menjadi tema debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Minggu (6/10).

Debat cagub-cawagub Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat pada pukul 19.00 WIB.