Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Joko Susanto mengatakan pustakawan berperan penting mempromosikan dan menghidupkan koleksi buku di perpustakaan lewat narasi-narasi yang menarik.

"Pustakawan yang mampu bercerita dengan baik dapat menghidupkan koleksi perpustakaan dan menciptakan pengalaman yang mendalam bagi pengunjung," katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Ia menyebutkan bahwa di beberapa negara, perpustakaan tidak hanya meminjamkan buku, tetapi meminjamkan manusia merujuk pada konsep perpustakaan manusia atau human library, yang menunjukkan perpustakaan berkembang tidak hanya secara fisik, tetapi juga melalui interaksi manusia.

"Perpustakaan menyelenggarakan acara di mana para pembaca dapat meminjam pustakawan yang berfungsi sebagai buku terbuka dan melakukan percakapan yang biasanya tidak dapat mereka akses," ucapnya.

Joko juga mengemukakan, pustakawan memiliki peran sebagai pendongeng yang bukan sekadar menyediakan informasi, melainkan juga seorang pencerita yang mampu memantik diskusi dan memberikan pengetahuan melalui narasi.

"Pustakawan dapat menyampaikan kisah-kisah inspiratif yang bukan hanya relevan dalam dunia sastra, tetapi juga dalam bidang bisnis, hukum, kedokteran, pendidikan, dan bidang-bidang lainnya," kata dia.

Menurutnya, pustakawan memiliki peran penting yang tidak bisa digantikan oleh teknologi, utamanya dalam membangun narasi menarik sehingga dapat membuat pengunjung tertarik pada buku.

"Cerita dapat memainkan peranan penting dalam mempromosikan koleksi perpustakaan, melalui narasi yang menarik, pustakawan dapat membuat pengunjung tertarik pada buku yang mungkin sebelumnya kurang diminati," tuturnya.