Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir menekankan pentingnya semangat baru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pekerjaan.

Hal tersebut ditekankan Tomsi pada Pelantikan Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional di Lingkungan Kemendagri di Ruang Sidang Utama (RSU) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Kamis.

“Saya menaruh harapan besar kepada Bapak/Ibu sekalian dengan jabatan yang baru, tentunya harus lebih semangat. Kedua, tolong perhatikan betul tugas pokok fungsinya itu seperti apa. Yang ketiga, pelantikan yang lalu itu dikerjakan berdasarkan peraturan yang mana,” kata Tomsi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dia mengungkapkan pentingnya pemahaman mendalam terhadap tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Dia meminta agar seluruh pejabat yang dilantik tersebut senantiasa berpedoman pada aturan yang berlaku dalam menjalankan tugas yang diberikan.

Menurutnya, pejabat tidak hanya bekerja hanya berdasarkan kebiasaan.

“Seorang profesional tidak pernah mengatakan biasanya begini, tetapi ini berdasarkan aturan yang ini, sebagai dasar petunjuk dalam pelaksanaan tugasnya,” tambahnya.

Tomsi juga mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus selalu berupaya untuk mempercepat, mempermudah, dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Keberadaan ASN berperan penting dalam melayani masyarakat, karenanya ia mengingatkan ASN agar fokus untuk memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan.

“Kita bekerja untuk diri kita sendiri, untuk pertanggungjawaban amanah diri kita sendiri. Masalah nanti jabatan dan sebagainya kalau kita sudah bekerja dengan baik maka tinggal berdoa, berikan yang terbaik mau di mana saja berikan yang terbaik,” tegas Tomsi.

Adapun para pejabat yang dilantik di antaranya Kepala Subdirektorat Otonomi Khusus, Istimewa Wilayah II pada Direktorat Penataan Daerah, Otonomi Khusus, dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah Maurits Valentino Wylla Hege; Lektor pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Womsiter Sinaga; serta Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Muda pada Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Faradina Asmi.

Kemudian, pejabat yang dilantik berikutnya, yaitu Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda pada Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Bandung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Oktavia Haryani Hutagalung; serta Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Muda pada Sekretariat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Nur Anita Setyawati.