Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menegaskan bahwa penerapan pariwisata yang berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi dan pengembangan sumber daya manusia tetap menjadi komitmen bersama pada masa pemerintahan mendatang.

“Kami yakin dan optimistis siapa pun yang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif setelah 20-21 Oktober 2024, sustainability, teknologi dan human resources development akan tetap menjadi komitmen bersama,” kata Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf Vinsensius Jemadu di Jakarta, Kamis.

Vije, sapaan akrabnya, juga menyerukan pada mahasiswa yang hadir dalam Southeast Asia Business Events Forum (SEABEF) 2024 dapat senantiasa menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan dalam industri meeting, incentives, conferences, and exhibitions (MICE) pada masa mendatang.

Pihaknya juga menyoroti, dalam industri gelaran (event) terdapat sejumlah tantangan yang menjadi tugas bersama untuk diselesaikan, di antaranya adalah persoalan sisa makanan terutama usai sebuah gelaran selesai dihelat.

Persoalan lain yakni penggunaan botol plastik air mineral yang masih digunakan dalam beberapa kegiatan.

Lewat gelaran SEABEF 2024 hari ini, Vije menyebut kehadiran sejumlah pembicara diharapkan mampu membangkitkan industri MICE yang berkualitas, berdaya saing serta inklusif serta mendongkrak industri tersebut dengan berbagai inovasi dan kreativitas.

“Mudah-mudahkan ada insight yang bisa dipelajari dari pertemuan hari ini. Dan itu bisa bermanfaat untuk bisa memperluas cara berpikir,” jelasnya.

Adapun pada agenda SEABEF hari ini digelar sejumlah forum yang membahas mengenai standard penyelenggaraan event, pengelolaan limbah dalam bisnis event hingga memanfaatkan teknologi dalam industri event.

SEABEF merupakan forum yang membahas mengenai isu-isu utama pengembangan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) dan bisnis gelaran di kawasan ASEAN dan Indonesia khususnya.

SEABEF yang digelar bersamaan dengan Wonderful Indonesia Tourism Fair (WITF) 2024 yang digelar pada 2-4 Oktober 2024, diinisiasi Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan didukung penuh oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

Tema yang diangkat pada SEABEF 2024 adalah “The Transformative Impact of Sustainability on The Business Event Industry” yang selaras dengan isu BGCE (Blue, Green, Circular Economy) dan sustainability.

Baca juga: Program IndoBisa 2024 masuki tahap ketiga dan keempat
Baca juga: Pemerintah sebut SEABEF-WITF turut bahas event yang berbasis hijau
Baca juga: Pemerintah sebut SEABEF-WITF gelaran sektor pariwisata terbesar