Jakarta (ANTARA) - Salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Indonesia Business Startup Matchmaking (IndoBisa) 2024 saat ini telah memasuki tahap ketiga dan keempat.

Tahapan ketiga dan keempat ini akan terlaksana pada jenjang waktu yang bersamaan yaitu pada 2 sampai 4 Oktober 2024 bertempat di Hotel Harris Summarecon Bekasi, Jawa Barat.

Dikutip dari rilis pers, Kamis, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani menyampaikan bahwa program IndoBisa 2024 telah menetapkan 31 peserta perusahaan rintisan (startup) finalis yang akan maju ke tahap ketiga Fundraising Bootcamp and Mentoring, sebelum melanjutkan tahap keempat Pitching Day.

Pelaksanaan Fundraising Bootcamp and Mentoring akan diisi oleh para narasumber yang ahli di bidang investasi dan startup. Selanjutnya, para finalis ini akan mendapatkan mentoring dari para mentor yang mumpuni.

Baca juga: Kemenparekraf luncurkan IndoBisa 2024

Baca juga: Kemenparekraf bidik 100 startup dapat pendampingan lewat IndoBisa 2024


Pelaksanaan mentoring ini guna membantu para finalis untuk mengevaluasi kesiapannya dalam memulai proses fundraising. Beberapa hal yang akan menjadi fokus para mentor adalah menilai investment deck, financial modeling, dan financial valuation.

Terlaksananya proses mentoring dan evaluasi ini bertujuan agar setiap finalis dapat lebih memahami kesiapan investasi. Dengan cara memperbaiki strategi serta mengetahui strategi berhadapan dengan investor, hingga memperoleh investasi.

Kesiapan investasi ini merupakan salah satu bagian terpenting, bahkan sangat ditekankan dalam program ini.

Startup dengan model bisnis yang solid memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pendanaan. Oleh karena itu, para finalis akan dibimbing oleh para ahli yang berpengalaman di bidang investasi dan venture capital untuk membantu mereka mempersiapkan diri secara maksimal.

Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Anggara Hayun Anujuprana menyebutkan para mentor yang akan membimbing para peserta finalis terdiri vice president Investment of Living Lab Venture Edmund Caruli, Head of Investment BRI Ventures Bima Setiaji, dan Head of Investment Genesia Ventures Elsha E. Kwee.

“Melalui Bootcamp ini, diharapkan para peserta siap dipertemukan dengan modal ventura” Ujar Hayun.

Bootcamp IndoBisa 2024 juga diharapkan bisa menambah jejaring, meningkatkan pengembangan ide bisnis dan membuka peluang kolaborasi antar startup.

Tujuan dan maksud IndoBisa sebagai wadah para startup berbagi pengalaman, belajar dari mentor, hingga memperluas jaringan dengan investor serta pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya.

Baca juga: Pemerintah dan pelaku usaha bergotong royong menumbuhkan startup

Baca juga: NextHub Global Summit digelar untuk dukung pengembangan start-up

Baca juga: Sandiaga: Ekosistem perusahaan rintisan di Indonesia kian dinamis