Surabaya (ANTARA) - Kadin Jawa Timur (Jatim) dan Kedutaan Besar Guatemala untuk Indonesia membuka peluang kerja sama untuk sektor perdagangan dan investasi di daerah setempat.

Duta Besar Guatemala untuk Indonesia Maynor Jacobo Cuyun Salguero menyatakan, kehadirannya di Kadin Jatim adalah untuk mencari peluang dalam meningkatkan perdagangan antara Jawa Timur dan Guatemala.

"Kami memiliki hubungan yang sangat baik tetapi kami ingin memperkuatnya menjadi lebih baik lagi untuk mencari lebih banyak peluang,” katanya di Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

Maynor menuturkan, pihaknya ingin agar banyak produk Guatemala yang ada di pasar Indonesia maupun produk-produk Indonesia ada di pasar Guatemala.

Beberapa produk Guatemala yang dinilai potensial untuk dipasarkan di Indonesia di antaranya seperti tekstil, kosmetik, manufaktur, pertanian dan perkebunan seperti Kakao, gula, kopi, pisang dan makanan olahan.

Sementara produk dari Indonesia yang diperlukan di Guatemala di antaranya adalah produk tekstil, suku cadang motor, beberapa produk pertanian, minyak dan sebagainya.

"Kedua belah pihak memiliki beberapa produk yang bisa kita kerjasamakan untuk pasar ekspor dan impor," ujarnya.

Selain ingin memperbesar kerjasama perdagangan, Maynor juga ingin menjaring investor dari Jatim yang akan menanamkan investasinya di Guatemala.

Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto pun menyambut baik peluang kerja sama ini mengingat Guatemala telah menjadi salah satu mitra dagang bagi Indonesia dengan neraca perdagangan yang masih surplus.

Bahkan seiring Guatemala terkenal dengan keahliannya dalam budi daya pisang, Adik berharap akan ada kerja sama dengan Indonesia khususnya Jatim terkait budidaya pisang.

“Kita butuh teknologinya bagaimana cara budi dayakan pisang sehingga produksi dan kualitas pisang yang dihasilkan sangat bagus. Kita minta teknologi Guatemala dibawa ke Indonesia," kata Adik.

Baca juga: Kadin Jatim dukung pengembangan UMKM demi lindungi dari produk China
Baca juga: Kadin Jatim dorong Freeport dukung pengembangan UMKM Gresik