Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengunjungi SMK Negeri 1 Kalabahi di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis, untuk meninjau fasilitas sekolah, seperti ruang kelas hingga ruang praktik, hingga berdialog dengan para siswa.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi menyempatkan diri memeriksa berbagai jurusan yang ada di SMK, seperti teknik komputer dan jaringan, serta kapal niaga. Ia pun mengapresiasi kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut yang dinilai berjalan dengan interaktif.

"Saya melihat siswa diajak untuk aktif, kayak tadi yang berkaitan dengan komputer jaringan semuanya dijadikan pelajaran praktik secara baik. Di jurusan kapal niaga juga sama, ada sebuah ruang praktik yang sangat baik," kata Presiden dalam keterangan resmi yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta, Kamis.

Presiden juga menegaskan komitmen pemerintah untuk membantu jika ada kekurangan yang perlu diperbaiki di SMK Negeri 1 Kalabahi.

Setelah melakukan peninjauan, Presiden Jokowi menggelar dialog interaktif dengan para siswa di lapangan sekolah. Dalam sesi dialog tersebut, Presiden mengajukan sejumlah pertanyaan seputar Pancasila kepada siswa dan memberikan motivasi kepada mereka untuk terus belajar dengan tekun.

"Anak-anakku belajar ya yang baik semuanya, kerja keras, belajar yang baik, sehingga kalian dapat meraih cita-cita dengan sukses dan baik," kata Presiden yang disambut tepuk tangan meriah dari para siswa.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Kalabahi, Idalita Laure, dalam keterangan terpisah menyampaikan rasa haru dan bangganya atas kunjungan Presiden Jokowi ke sekolahnya.

Menurut Idalita, ia dan para siswa tidak menyangka Presiden Jokowi akan berkunjung ke Alor dan SMK Negeri 1 Kalabahi.

"Ketika mendengar bahwa Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, berkunjung ke Kabupaten Alor dan SMK Negeri 1 Kalabahi, saya merasa terharu sampai menumpahkan air mata. Alor ini daerah yang sangat kecil dilihat dari pulau di peta wilayahnya bahkan tidak terbaca, tapi Bapak Presiden bisa menyebutkan Alor dan berkunjung ke SMK Negeri 1 Kalabahi," kata Idalita.

Ia juga menambahkan bahwa kunjungan Presiden Jokowi ke SMK Negeri 1 Kalabahi merupakan kebanggaan besar bagi seluruh warga sekolah. Kunjungan ini diharapkan dapat memacu semangat para siswa dan tenaga pendidik di SMK Negeri 1 Kalabahi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kali ini adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Pj Gubernur NTT Andriko Noto Susanto, dan Pj Bupati Alor Zet Sony Libing.

Baca juga: Jokowi minta potensi wisata di Alor dikelola baik seperti Labuan Bajo
Baca juga: Jokowi kunjungi pasar di Alor pastikan harga sembako tetap terjangkau