Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo membuka Kongres Luar Biasa (KLB) Federasi Futsal Indonesia (FFI) 2024 di Jakarta Pusat, Kamis.

Pada sambutanya, Menpora Dito berharap timnas futsal putra yang saat ini ada berada di peringkat 28, dan futsal putri di peringkat 14, diharapkan bisa terus meningkatkan prestasinya menuju level dunia.

“Dengan posisi ini, peluang untuk masuk ke Piala Dunia Futsal sangat terbuka lebar. Kita hanya perlu meningkatkan kinerja dan konsistensi dalam pembinaan, serta menciptakan iklim kompetitif yang mendorong para atlet kita tampil di level tertinggi," kata Menpora, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Lebih lanjut, ia juga yakin dengan kepengurusan FFI yang baru nanti diharapkan bisa lebih inovatif dalam mengembangkan prestasi dan ekosistem futsal di Indonesia.

“Saya yakin, dengan semangat juang yang kita miliki, Indonesia bisa mengukir sejarah dan menempatkan namanya sejajar dengan negara-negara besar futsal dunia,” ujar dia.

Baca juga: FFI panggil 17 pemain TC timnas putri persiapan NSDF Thailand

Dito pun mengucapkan terima kasih kepada pengurus sebelumnya yang diketuai oleh Hary Tanoesoedibjo.

“Peran Pak Hary sangat besar untuk membangun fondasi futsal di Indonesia. Saya menyampaikan apresiasi kepada Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia beserta seluruh jajaran yang telah bekerja keras menjaga stabilitas organisasi ini,” ujar dia.

Selain itu, Menpora Dito mengajak semua pengurus dan anggota KLB memanfaatkan kongres ini sebagai platform untuk memperkuat visi, membahas solusi atas berbagai tantangan, dan menciptakan masa depan futsal Indonesia yang lebih cerah.

“Mari bersama-sama kita bangun ekosistem futsal yang lebih kuat dan berdaya saing, demi kebanggaan bangsa,” kata dia.

Sementara Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Hary Tanoesoedibjo yang sudah membangun olahraga futsal sampai saat ini.

“Ke depan, PSSI sebagai payung federasi FFI akan terus bersinergi, dan berkomitmen bersama untuk memajukan prestasi olahraga futsal di Indonesia,” kata Erick.

Adapun KLB FFI 2024 digelar untuk mencari ketua umum FFI periode 2024-2028, dengan Michael Victor Sianipar menjadi calon tunggal.


Baca juga: FFI: Dukungan Menpora dan Ketum PSSI angkat prestasi futsal Indonesia

Baca juga: Sejarah singkat Federasi Futsal Indonesia