Kota Bogor (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat, turut mengikuti uji kelaikan dan memberi catatan pada perlintasan tidak sebidang berupa underpass lintas Bogor-Sukabumi, di Stasiun Batutulis.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Mohamad Ardi Wibowo menjelaskan pada uji kelaikan yang dilakukan bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada Senin (30/9), dilakukan survei perlengkapan jalan dan perambuan di sekitar jalur underpass Batutulis

“Tujuannya adalah menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, serta mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalur baru underpass Batutulis,” kata Ardi di Kota Bogor, Kamis.

Pantauan di lokasi, saat ini jalur underpass baru bisa dilalui kendaraan dari arah Batutulis menuju Kampung Batakal, dan sebaliknya. Sedangkan dari arah Batutulis menuju Cipaku dan sebaliknya belum bisa dilalui.

Ardi mengatakan saat uji kelaikan menggunakan kendaraan besar bus, didapati simpang Jalan Batakal jalur underpass Batutulis memiliki radius tikung yang kecil, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan dari kedua arah secara bersama-sama.

“Ada potensi kecelakaan lalu lintas yang tinggi akibat dari minimnya radius tikung. Selain itu, penempatan rambu-rambu lalu lintas perlu diperbaiki,” ujarnya.

Di samping itu, kata Ardi, ada potensi bencana longsor di sekitar jalur underpass Batutulis, sehingga Satlantas Polresta Bogor memberikan rekomendasi tersebut kepada Pemkot Bogor untuk kemudian diteruskan kepada pemilik atau pelaksana kegiatan/proyek tersebut.

Pemkot Bogor melakukan uji kelaikan perlintasan tidak sebidang berupa underpass lintas Bogor-Sukabumi di Stasiun Batutulis yang sudah memasuki pembangunan tahap akhir, sebelum bisa digunakan oleh masyarakat.

Proyek tersebut masuk dalam paket pekerjaan pembangunan perlintasan tidak sebidang JPL.10 dan penataan Stasiun Batutulis Lintas Bogor-Sukabumi, program dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat (BTP Bandung) wilayah Bogor-Sukabumi.

Baca juga: Pemkot Bogor uji kelaikan Terowongan Batutulis sebelum digunakan warga
Baca juga: TPT ke arah Stasiun Batutulis Bogor longsor saat pengerjaan beton
Baca juga: Tebing penahan tanah di jalan akses ke Stasiun Batutulis Bogor longsor