Jakarta (ANTARA) - Layanan internet rumah First Media terhitung sejak 27 September 2024 resmi menjadi bagian dari XL Axiata sebagai bagian dari tindak lanjut bergabungnya Link Net dengan XL Axiata berdasarkan perjanjian pengalihan bisnis B2C pada 22 Mei 2024.

Setelah penggabungan bisnis ini, First Media dan XL Axiata akan berupaya memastikan agar pelanggan tetap akan terus menikmati layanan yang sama atau #JadiLebihBaik, dan pelanggan akan memiliki kemudahan akses ke rangkaian produk yang lebih lengkap, termasuk layanan seluler selain internet dan/atau TV kabel.

“Berdasarkan perjanjian pengalihan bisnis B2C pada 22 Mei 2024, pengalihan ini mencakup seluruh segmen bisnis terkait penyedia layanan internet (ISP), IPTV, dan Pay TV," kata Direktur & Chief Commerce Officer – Home Service XL Axiata Abhijit Navalekar dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Ini juga mencakup layanan yang berhubungan dengan permainan. Dengan demikian, setelah pengalihan bisnis tersebut juga mendapatkan persetujuan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Link Net, 23 September 2024, maka First Media sebagai salah satu layanan milik Link Net resmi pula bergabung dalam keluarga XL Axiata.

Abhijit menambahkan, Manajemen XL Axiata menyatakan hingga saat ini tidak ada perubahan apapun terhadap produk dan layanan First Media. Untuk itu, pelanggan lama tidak perlu melakukan tindakan apapun termasuk registrasi atau mendaftar ulang.

Selanjutnya, melalui sinergi ini, pelanggan First Media memiliki kesempatan untuk #JadiLebihTerkoneksi dengan manfaat lebih dari layanan mobile (seluler), Fixed Broadband (tetap/kabel), Fixed Mobile Convergence (perpaduan layanan mobile dan layanan fixed), serta layanan digital yang akan fokus pada penyediaan pengalaman pelanggan terbaik (seamless experience).

Karena tidak ada perubahan apapun terkait produk dan layanan First Media, maka pelanggan tidak perlu khawatir mengenai kontrak berlangganan dengan pembayaran di muka atau promo paket yang didapatkan sebelumnya. Pelanggan tetap bisa menikmati promo paket First Media sesuai dengan kontrak paket berlangganan sebelumnya. Tidak ada perubahan selama masa kontrak. Demikian pula terkait dengan layanan konten seperti TV, streaming, dan FMX.

Semua layanan akan tetap dinikmati oleh pelanggan sesuai dengan paket langganan yang dimiliki. Keanggotaan First Rewards juga tidak akan mengalami perubahan, dan pelanggan dapat terus menikmati keuntungan melalui aplikasi My FirstMedia.

Tidak ada perubahan juga berlaku untuk outlet pembayaran dan cara pembayaran tagihan berlangganan First Media. Bahkan, meski sudah bergabung dengan XL Axiata, produk layanan First Media tetap dijual kepada masyarakat yang berminat. Jadi tetap terbuka bagi masyarakat yang tertarik untuk berlangganan.

Integrasi berbagai aspek layanan First Media dengan XL Axiata akan terus dilakukan secara bertahap, termasuk untuk layanan pelanggan. Karena itu, terkait layanan customer service First Media, masih juga masuk tetap sama seperti sebelumnya. Pelanggan First Media tetap bisa menghubunginya melalui call center 1500-595, email customer.service@linknet.co.id, X @FirstMediaCares, dan aplikasi mobile My FirstMedia untuk mendapatkan bantuan.

Sementara itu bagi pelanggan yang hendak mendapatkan informasi terkait layanan First Media, di tahap awal ini, juga baru beberapa XL Center yang dapat melayaninya. Yaitu, XLC Axiata Tower - Jakarta, XLC Malang, XLC Diponegoro – Medan, XLC Martadinata – Bandung, XLC Pemuda – Surabaya.

Secara bertahap informasi mengenai layanan First Media akan terus diperluas ke berbagai saluran milik XL Axiata, termasuk ke semua XL Center, website XL Axiata, hingga aplikasi myXL. Saluran informasi yang sudah ada di milik First Media masih tetap bisa diakses, yaitu www.firstmedia.com dan aplikasi My FirstMedia.

Baca juga: XL Axiata perkuat jaringan 4G dukung PON XXI 2024 di Sumut-Aceh
Baca juga: Smartfren sebut proses merger dengan XL Axiata masih tahap uji tuntas
Baca juga: Link Net bermitra TEA Network hadirkan WiFi generasi terbaru di rumah