London (ANTARA) - Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa pada Rabu (2/10) menyatakan dukungan terhadap upaya Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam mencapai perdamaian, terutama di kawasan Timur Tengah, dan mengecam "serangan yang tidak berdasar" terhadap dirinya.

"Kami mendukung Sekjen PBB @AntonioGuterres dalam upaya tanpa lelahnya untuk mencapai perdamaian di semua konflik, terutama di Timur Tengah," tulis Josep Borrell di platform X.

"Kami mengecam serangan yang tidak berdasar terhadap dirinya, serta jumlah korban yang tidak dapat diterima di antara para pekerja kemanusiaan PBB," tambahnya.

Sebelumnya, Israel mengumumkan bahwa Guterres dinyatakan sebagai "persona non grata" dan dilarang memasuki negara tersebut setelah ia meminta deeskalasi yang mendesak di Timur Tengah.

Untuk membenarkan langkah tersebut, kepala urusan luar negeri Israel, Israel Katz, mengatakan bahwa Guterres tidak "secara tegas mengutuk" Iran atas serangan rudal yang terjadi pada Selasa terhadap Israel.

Setelah serangan tersebut, Guterres menyatakan: "Saya mengutuk meluasnya konflik di Timur Tengah dengan eskalasi demi eskalasi" dan menyerukan gencatan senjata segera.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Eropa: Israel akan aman kalau langgengkan perdamaian di kawasan
Baca juga: Uni Eropa: Aliansi Global 'wajib dibentuk' wujudkan Palestina merdeka
Baca juga: Protes meluas di Eropa menentang serangan Israel di Gaza dan Lebanon