Surabaya (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono optimistis kegiatan Jatim Fest 2024 yang digelar di Grand City Surabaya, 2-6 Oktober 2024 dapat menjadi katalisator pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah setempat.

"Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur luar biasa, 4,98 persen pada triwulan II-2024. Ini merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi di pulau Jawa di antara provinsi-provinsi di pulau Jawa," kata Adhy dalam keterangan di Surabaya, Kamis.

Kondisi pertumbuhan ekonomi ini, lanjut Adhy, dipengaruhi oleh tingginya investasi, industri dan infrastruktur serta dukungan UMKM. Untuk itu, gelaran Jatim Fest 2024 kali ini diharapkan dapat menjadi katalisator pertumbuhan UMKM di Jatim.

Menurutnya, tulang punggung ekonomi Jatim adalah UMKM. Sejumlah 9,7 juta UMKM inilah yang membuat Jawa Timur kuat. Saat pandemi COVID-19 kondisi Jatim walaupun minus 5, berkembang terus sampai seperti sekarang karena bertumpu pada UMKM,.

"Untuk itu, Jatim Fest diberikan sebesar-besarnya untuk bisa memberikan ruang kepada UMKM agar bisa ekspor dan bertransaksi lebih luas lagi. Semoga acara ini dapat berdampak langsung kepada masyarakat, khususnya pertumbuhan ekonomi di Jatim," tambahnya.

Kendati kondisi ekonomi tumbuh positif, orang nomor 1 di Jatim ini mengingatkan agar berwaspada dengan ancaman deflasi khususnya pada sektor pangan. Karena sebulan terakhir, Jatim mengalami deflasi sebesar -0,12 persen (M to M) atau inflasi 1,73% (yoy).

"Berbagai produk terutama pangan kita sedang surplus karena panen baru saja selesai dan produksi bahan makanan kita juga melimpah. Ini harus kita antisipasi sehingga harga tidak turun," ucapnya.

Selain deflasi, ia juga mengingatkan soal daya beli masyarakat. Ia berpesan kepada para kepala daerah agar memberikan tambahan bantalan sosial sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga.

"Para Pj, Pjs, kepala daerah saya minta agar seluruh program, kegiatan termasuk rangkaian HUT Jatim harus berdampak langsung kepada masyarakat. Berikan bantalan sosial baik PKH plus, disabilitas, lansia dan bantuan pemberdayaan ekonomi," katanya.

Di akhir, Adhy juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas terselenggaranya Jatim Fest 2024 yang dilaksanakan di Grand City selama lima hari terhitung sejak 2 Oktober hingga 6 Oktober 2024 mendatang.

"Terima kasih, apresiasi kepada Biro Perekonomian dan seluruh rekan-rekan yang berkontribusi sehingga acara ini dapat terlaksana," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Jatim Aftabuddin Rijaluzzaman menyampaikan gelaran Jatim Fest 2024 kali ini menjadi platform untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk ekonomi yang ada di wilayah setempat.

"Ini juga menjadi bagian dari upaya menciptakan kolaborasi ekonomi antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta," katanya.

Gelaran Jatim Fest 2024 akan menampilkan pertunjukan seni, pameran kuliner serta bazar produk lokal UMKM. Adapun pesertanya diikuti oleh 189 booth UMKM yang terdiri dari OPD Jatim 25 booth, BLU daerah empat booth, kabupaten/kota se-Jatim 13 booth, BUMN tujuh booth, BUMD empat booth, swasta tujuh booth, kuliner 12 booth dan UMKM mandiri lima booth.

Baca juga: Jatim Fest catat transaksi Rp12,5 miliar jelang penutupan
Baca juga: Wagub Emil: Jatim Fest beri penguatan UMKM
Baca juga: Pemprov Jatim menggelar pesta belanja dan rekreasi rakyat