Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR RI Habiburokhman membeberkan susunan pimpinan MPR RI periode 2024—2029 yang akan ditetapkan dalam Sidang Paripurna Ke-3 dengan agenda penetapan pimpinan MPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

"Yang jelas kalau Gerindra 'kan Ahmad Muzani, PDI Perjuangan kalau enggak salah Bambang Pacul (Bambang Wuryanto), lalu Partai Golkar Kahar Muzakir, PKB Rusdi Kirana, PAN Eddy Soeparno, PKS Hidayat Nur Wahid, NasDem Lestari Moerdijat," kata Habiburokhman.

Selain dari fraksi partai politik, nama pimpinan MPR RI dari Kelompok DPD ialah Abcandra Muhammad Akbar Supratman yang telah diputuskan dalam Rapat Pleno Kelompok DPD di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis dini hari.

"Dari DPD sekitar pukul 01.00 WIB disepakati Abcandra Muhammad Akbar Supratman terpilih menjadi Wakil Ketua MPR dari DPD, itu berita yang kami dapat dan hari ini akan disampaikan," ucapnya.

Habiburokhman menyebutkan yang akan menjadi Ketua MPR RI periode 2024—2029 adalah Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, sebagaimana keputusan Rapat Pimpinan Gabungan Sementara MPR RI pada Rabu (2/10) malam.

"Semalam kami sudah rapat gabungan antarfraksi dan kelompok anggota MPR. Dalam forum ini menyepakati Ahmad Muzani secara bulat secara musyawarah menjadi Ketua MPR periode 2024—2029 dan masing-masing partai sudah mengusulkan calon wakil ketua MPR," katanya.

Nama-nama itu yang akan ditetapkan sebagai pimpinan MPR RI periode 2024—2029 yang akan disahkan pada Kamis pagi.

"Bukan kemungkinan besar, memang itu yang akan ditetapkan. Tidak ada simpang-simpangan (simpang siur) lagi, sudah nama itulah," ucapnya.

Berdasarkan surat undangan Sidang Paripurna Ke-2 yang diterima di Jakarta, Rabu, agenda penetapan dan pelantikan pimpinan MPR RI dijadwalkan pada hari Kamis (3/10) pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

Sebelum agenda tersebut, MPR RI mengagendakan penyampaian bakal calon pimpinan dari masing-masing fraksi dan kelompok DPD.

Baca juga: Gerindra lobi partai politik lain agar Ahmad Muzani jadi Ketua MPR RI
Baca juga: F-Gerindra: Abcandra rekor pimpinan MPR termuda