Washington (ANTARA) - Presiden AS Joe Biden pada Rabu (2/10) memerintahkan pengerahan 1.000 tentara aktif untuk membantu upaya tanggap darurat dan pemulihan di Negara Bagian Carolina Utara setelah Badai Helene.

"Sebagai bagian dari respons yang terkoordinasi, hari ini, Presiden Biden telah mengarahkan Departemen Pertahanan untuk mengerahkan hingga 1.000 tentara aktif guna mendukung pengiriman makanan, air, dan kebutuhan penting lainnya kepada komunitas yang terdampak Badai Helene," menurut pernyataan Gedung Putih.

Pernyataan itu juga menyatakan tindakan tersebut akan menyediakan tenaga tambahan dan kemampuan logistik, sehingga Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) dan mitra antar-lembaga lainnya dapat menjangkau area yang paling parah terkena dampak secepat mungkin.

Pengumuman itu disampaikan menjelang kunjungan Biden ke Carolina Utara dan Carolina Selatan pada hari yang sama.

"Para tentara ini akan mempercepat pengiriman pasokan makanan, air, dan obat-obatan yang menyelamatkan warga terdampak ke komunitas yang terisolasi di Carolina Utara — mereka memiliki kekuatan dan kemampuan logistik untuk menyelesaikan tugas vital ini dengan cepat," kata Biden dalam pernyataannya.

Badai Helene meluluhlantakkan Florida, Georgia, dan Carolina, menyebabkan pemadaman listrik yang meluas serta kehancuran rumah.

Badai tersebut telah menewaskan setidaknya 166 orang, dan ratusan lainnya masih hilang.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Badai Helene menjadi badai terdahsyat kedua AS dalam 55 tahun
Baca juga: Korban jiwa Badai Helene capai 130 jiwa, petugas berpacu dengan waktu
Baca juga: Badai Helene luluhlantakkan Florida, korban jiwa mencapai 52 orang