Jakarta (ANTARA) - Pembalap World Superbike (WSBK) sekaligus pembalap uji coba Yamaha Remy Gardner bakal turun sebagai wildcard untuk tim pabrikan pada balapan kandang mereka, Grand Prix Jepang di Sirkuit Motegi, akhir pekan ini.

Dikutip dari keterangan resmi tim, Kamis, Gardner akan menunggangi Yamaha YZR-M1 dengan livery Monster Energy Yamaha dengan tujuan untuk menguji berbagai suku cadang prototipe dalam suasana MotoGP dan mempercepat pengembangan motor.

“Saya tidak sabar untuk balapan di Motegi akhir pekan ini. Treknya keren dan saya selalu menikmati balapan selama berada di sana,” kata Gardner.

“Balapan di Jepang untuk pabrikan Jepang akan sangat istimewa, terutama di depan para penggemar tuan rumah karena suasananya selalu luar biasa,” ujarnya menambahkan.

Meskipun jadwal WSBK-nya padat, Gardner telah memperoleh pengalaman dengan Yamaha YZR-M1 ketika ia berpartisipasi dalam GP Jerman 2024 dan GP Inggris, menjadikannya pilihan ideal di Jepang untuk entri wildcard MotoGP kedua Yamaha musim ini.

Baca juga: Gardner gantikan Crutchlow untuk MotoGP Inggris

Selain itu, pembalap Australia itu pun tidak asing dengan lintasan Motegi. Dia telah membalap di sirkuit tersebut enam kali: sekali di kelas utama MotoGP sebagai pembalap reguler pada tahun 2022, empat kali di kelas Moto2 dari tahun 2016-2019, dan sekali di kelas Moto3 pada tahun 2015.

“Sudah beberapa balapan sejak saya mengendarai YZR-M1, jadi saya ingin kembali mengendarai motor dan memberikan data sebanyak mungkin untuk Yamaha karena mereka ingin mengembangkan motor lebih jauh,” kata Gardner.

Di sisi lain, Pemimpin Tim Uji Yamaha Factory Racing Kazutoshi Seki mengatakan misi utama mereka melalui wildcard ini adalah untuk mempercepat pengembangan motor dan kembali ke performa terbaik.

Wildcard ini sejalan dengan tujuan keseluruhan: kami ingin mengumpulkan data yang berguna sebanyak mungkin untuk mendukung pembalap Monster Energy Yamaha saat ini serta tim dan pembalap baru yang akan bergabung dengan Yamaha pada tahun 2025,” kata Seki.

“Remy Gardner sudah familier dengan YZR-M1 2024 dan Yamaha Factory Racing Team serta lintasan Motegi, jadi kami yakin bahwa ini akan menjadi kerja sama yang lancar akhir pekan ini,” ujarnya menambahkan.


Baca juga: Statistik MotoGP Jepang di Motegi