Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni meminta kontingen daerahnya finis tiga besar dalam Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Solo, Jawa Tengah.

"Di Peparnas Papua kita posisi empat, kita PON dari posisi 13 naik ke posisi empat. Jadi, saya harap kita bisa naik ke posisi 3 Peparnas Solo, ini target yang realistis," kata Agus di Medan pada Rabu.

Dia berharap kontingen Sumatera Utara tampil maksimal sehingga masuk peringkat tiga besar.

"Saya meminta semua atlet bisa menjadi pelaku sejarah dan bisa memberikan prestasi terbaik di Peparnas ini. Sekaligus menjadi kebanggaan bagi keluarga, Provinsi Sumut, bahkan Indonesia," kata Agus.

Sumatera Utara mengirimkan 99 atlet untuk berkompetisi dalam 14 cabang olahraga, termasuk para atletik, boccia, para bulu tangkis, dan para renang.

Baca juga: Lampung kirim 24 atlet disabilitas di Pekan Paralimpiade Nasional

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara Alan Sastra Ginting mengatakan ke-99 atlet itu merupakan yang terbaik dari hasil latihan selama di daerah.

Apalagi, setelah Sumatera Utara batal menjadi tuan rumah Peparnas 2024 mengharuskan NPC memberangkatkan atlet yang diandalkan merebut medali.

"Kami optimistis atlet yang kita bawa ini adalah yang terbaik dari yang terbaik. Kita tidak ingin menjadi pelengkap di Peparnas tahun ini," kata Alan.

Ketua Kontingen yang juga Plt Kadispora Sumatera Utara, Armand Effendy Pohan, mengungkapkan kontingennya menargetkan 35 medali emas.

Baca juga: Kontingen Kalimantan Timur maksimalkan Peparnas menuju Pelatnas