Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024 nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) berkomitmen memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH) untuk memberikan tempat bermain bagi anak dan kenyamanan bagi masyarakat kota itu.

"Saya akan memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH) untuk publik. Bahkan, di kampung-kampung kumuh yang tidak ada lahan, kita nanti anggarkan, belikan rumah, rumahnya dibongkar, kemudian kita jadikan ruang terbuka," kata Ridwan Kamil saat ditemui di Taman Ayodya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu malam.

Pembelian lahan dengan cara akuisisi itu harus berdasarkan aturan hukum yang ada agar tidak bermasalah ke depannya.

"Waktu saya menjadi wali kota Bandung, saya membeli lahan legal, dibeli kemudian dijadikan RTH," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Menurut dia, pembangunan ruang terbuka hijau itu bisa dilakukan secara inovatif dan tidak selalu dibangun di atas tanah.

Baca juga: Dharma sebut masalah utama Jakarta adalah soal ekonomi
"Ruang terbuka itu tidak harus berbasis tanah, tapi bisa di atap bangunan juga. Dulu saya pernah tinggal di Hong Kong, itu ruang terbuka di atas pasar. Tapi, disulap menjadi taman seperti di tanah," ujarnya.
Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Suswono saat memberikan keterangan pers di Taman Ayodya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2024). ANTARA/Syaiful Hakim
Sementara itu, cawagub DKI Jakarta nomor urut 1, Suswono menambahkan pihaknya belum bisa membicarakan berapa jumlah ruang terbuka hijau yang akan dibuat.

"Tentu belum sampai ke detail itu ya, tapi sebagai satu perbandingan, betapa kita punya 'Eco Park' di Tebet aja itu setiap 'weekend' luar biasa jumlah pengunjungnya dari berbagai wilayah," kata dia.

Paslon RIDO, kata dia, akan berusaha membuat ruang terbuka hijau seperti Eco Park Tebet di setiap sudut kota Jakarta, sehingga bisa memberikan kenyamanan kepada masyarakat dan memberi ruang bermain bagi anak-anak.

"Para pengunjung banyak yang datang ke Eco Park Tebet karena gratis dan nyaman. Ini saya kira satu peninggalan yang bagus dari gubernur sebelumnya, yang kita akan memperbanyak itu," kata Suswono.

Baca juga: Pramono janji lanjutkan program BOTI demi merangkul umat beragama
Untuk yang skala kecil, tambah dia, paling tidak dibuat satu taman-taman di perumahan vertikal, sehingga anak-anak dapat bermain dengan aman dan nyaman.

"Intinya kita akan hijaukan Jakarta minimal tiga juta pohon untuk menurunkan suhu. Ini terbukti pada salah satu kota di Kolombia yang menanam tiga juta pohon bisa menurunkan suhu dua hingga tiga derajat celsius," katanya.

Data yang dihimpun ANTARA menyebutkan luas RTH di Jakarta pada 2023 mencapai 33,34 juta meter persegi atau 5,2 persen dari total luas provinsi. Luas RTH ini masih jauh di bawah standar ideal, yaitu 30 persen dari luas kota, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Untuk meningkatkan jumlah RTH, Pemprov DKI Jakarta telah membangun 23 RTH di Jakarta pada 2023 dengan luas total 6,7 hektare. Pada 2024, Pemprov DKI Jakarta akan membangun 29 RTH di lima wilayah Jakarta dengan total luas 5,1 hektare.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta 2024.