Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu, untuk mengecek langsung fasilitas dan pelayanan kesehatan.

Kepala Negara juga meninjau perkembangan pembangunan gedung baru di rumah sakit tersebut yang diharapkan dapat meningkatkan layanan kesehatan di wilayah terpencil.

Baca juga: Jokowi transit di Kupang dan pesan mi pedas kekinian sambil sapa warga

Menurut Presiden, dengan bangunan yang hampir selesai, langkah berikutnya ialah memastikan fasilitas medis yang lengkap sehingga RSUD Waikabubak dapat berfungsi optimal dalam melayani masyarakat. Ia menilai gedung yang dibangun sudah memenuhi standar yang baik.

"Gedungnya mungkin akan selesai pada Desember (2024) nanti, tetapi setelah itu yang paling penting adalah alat kesehatannya. CT scan, mamografi, cathlab, dan peralatan lain akan segera dikirim setelah gedungnya siap," ujar Presiden melalui keterangan dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

Sementara itu dalam keterangan terpisah, Direktur RSUD Waikabubak dr. Japendi Saragih mengungkapkan rasa terima kasih atas perhatian Presiden Jokowi terhadap pelayanan kesehatan di wilayah tersebut.

Menurutnya, selama kepemimpinan Presiden Jokowi, RSUD Waikabubak telah ditetapkan sebagai pusat rujukan untuk penyakit katastropik seperti kanker dan jantung.

"Semenjak kepemimpinan Pak Jokowi selama kurang lebih 10 tahun, kami merasakan yang pertama bahwa sentuhan pelayanan kesehatan itu sudah on the track untuk ke semua masyarakat secara langsung," ungkapnya.

Baca juga: Jokowi akan bisiki Prabowo untuk lanjutkan bantuan beras ke rakyat

Beberapa pasien di RSUD Waikabubak turut menyampaikan kesan positif mereka terhadap layanan kesehatan yang diterima. Isna, salah seorang pasien yang sedang menjalani terapi tulang belakang untuk anaknya, menyampaikan apresiasi terhadap kualitas pelayanan.

"Puji Tuhan pelayanan selama tiga kali kami diterapi ini sangat baik. Anak saya juga nyaman diterapi oleh perawat sama dokternya. Jadi, kami sangat senang, nyaman untuk pelayanan di daerah kabupaten ini cukup memuaskan untuk kami," ujar Isna.

Namun, Isna juga menyampaikan harapannya agar pemerintah dapat menambah dokter spesialis di daerah, terutama ortopedi.

"Di Waikabubak di Sumba sini belum ada ortopedi-nya. Jadi, kami harus ke kota provinsi," ujarnya.

Stephanie, pasien lain yang tengah menjalani perawatan kehamilan, juga mengungkapkan pengalamannya selama dirawat di RSUD Waikabubak. Stephanie bercerita bahwa dia harus menjalani observasi intensif setelah mengalami pecah air ketuban di usia kandungan lima bulan.

"Sejauh ini sangat baik, ramah, tidak membuat kami drop. Selalu menyemangati, nyaman, kasih semangat, tidak pernah bikin drop," katanya.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut, yaitu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Pj Gubernur NTT Andriko Noto Susanto, Pjs Bupati Sumba Barat Flouri Rita Wuisan, dan Direktur Utama RSUD Waikabubak dr. Japendi Saragih.

Baca juga: Presiden pastikan ketersediaan beras aman hingga akhir 2024