Bandarlampung (ANTARA) - Provinsi Lampung mengirimkan 24 orang atlet disabilitas di enam cabang olahraga dalam pelaksanaan Pekan Paralimpiade Nasional XVII di Solo, Jawa Tengah.
"Dalam pelaksanaan Pekan Paralimpiade Nasional XVII di Solo yang akan berlangsung pada 6-13 Oktober 2024, Provinsi Lampung mengirimkan 24 orang atlet dengan didampingi 14 orang ofisial ataupun pelatih," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin berdasarkan keterangannya di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan, kontingen atlet disabilitas asal Lampung tersebut akan berpartisipasi dalam enam cabang olahraga yaitu tenis meja, bulu tangkis, atletik, renang, catur dan angkat berat.

"Keberadaan para atlet ini adalah bukti nyata bahwa prestasi dan kesempatan harus diberikan secara setara kepada semua masyarakat. Sebab ini bukan soal perbedaan fisik, tapi soal semangat juang yang harus terus dibuktikan,” kata dia.

Dia pun berpesan bahwa kepada para atlet yang akan berkompetisi tidak boleh menyerah atau mundur.

"Perkembangan olahraga di Provinsi Lampung saat ini sedang naik daun. Dukungan masyarakat semakin kuat, pemerintah daerah pun sudah kompak, dan ini adalah peluang besar untuk menjadikan Lampung lebih berprestasi di kancah nasional,” ucapnya.

Menurut dia, para atlet pun harus tetap menjaga kekompakan dan kesehatan selama bertanding, dan mengapresiasi pelatih serta ofisial yang telah bekerja keras mendampingi para atlet.

"Jaga kekompakan, jangan saling menyalahkan. Mari bahu-membahu untuk meraih kemenangan. Kesehatan juga sangat penting, karena sakit bisa menjadi penghalang menuju kemenangan maka harus tetap dijaga,” tambahnya.

Baca juga: Sumatera Utara kontingen pertama tiba untuk Peparnas 2024
Baca juga: 30 atlet NPC Maluku siap ikuti Peparnas XVII di Solo
Baca juga: NTB kirim 44 atlet ikuti Peparnas 2024