Batam (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Kepulauan Riau (Kepri) menghadirkan program trade-in tukar tabung 3 kg untuk pelaku usaha non UMKM maupun seluruh konsumen yang tidak termasuk dalam komoditas usaha pengguna gas 3 kg.

Sales Branch Manager PT Pertamina Patra Niaga Kepri Gilang Hisyam di Batam, Rabu, mengatakan, Pertamina menawarkan program trade-in secara gratis, yaitu dengan menukarkan tabung elpiji 3 kg menjadi tabung Bright Gas seberat 5 kg dan 12 kg.

Ia menjelaskan, dua tabung elpiji 3 kg dapat ditukar dengan satu tabung Bright Gas 5,5 kg, atau empat tabung elpiji 3 kg ditukar dengan Bright Gas 12 kg, beserta isinya.

"Untuk seluruh konsumen yang tidak termasuk dalam komoditas usaha pengguna 3 kg. Kami ada program trade in, jadi untuk pelaku usaha laundry, usaha kafe, rumah makan yang tidak masuk kategori UMKM," kata Gilang.

Ia menyampaikan, penukaran tersebut dapat dilakukan di kantor Pertamina Kepri di Batam.

Adapun rentang waktu penukaran tabung gas 3 kg yang diberikan Pertamina untuk program trade in tersebut hingga Desember 2024, dan untuk 100 konsumen pertama diberikan secara gratis untuk pengisian gas.

"Kalau trade in gasnya kosong ya, jadi buat 100 konsumen pertama, kami berikan gratis," ujar dia.

Lebih lanjut, Gilang menyampaikan pihaknya terus melakukan sosialisasi dan edukasi terkait program tersebut, yang diharapkan agar konsumen ataupun pelaku usaha yang tidak masuk dalam kategori UMKM, dapat beralih dari menggunakan LPG 3 kg menjadi gas non subsidi.

"Tentu kami terus melakukan edukasi soal program ini," kata dia.

Baca juga: Pertamina lakukan PHU dua pangkalan LPG 3 kg di Batam
Baca juga: Pertamina sediakan 4.480 tabung dalam operasi pasar LPG 3 kg di Batam
Baca juga: Pertamina Patra Niaga siap dukung peningkatan produksi migas Indonesia