Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meluncurkan program Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan guna mendukung ekosistem olahraga di Indonesia yang sedang mengalami transformasi besar sekaligus menjadi komitmen pemerintah terhadap pembangunan jangka panjang.

Dalam rilis yang disiarkan di Jakarta pada Rabu, disebutkan, peluncuran beasiswa tersebut menjadi salah satu langkah konkret untuk melakukan peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang keolahragaan, khususnya bagi para atlet, mantan atlet, dan tenaga olahraga Pasal 69 ayat 1 sesuai Undang-Undangan Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

“Dana abadi pendidikan Indonesia sudah seharusnya dimanfaatkan oleh insan-insan terbaik Indonesia, termasuk di bidang keolahragaan,” kata Plt. Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dito Ariotedjo juga menegaskan program tersebut sangat penting guna mendorong perkembangan sport science, penguatan ekosistem olahraga, dan industri keolahragaan di Indonesia.

“Ini adalah langkah kecil dari kami, tetapi dengan semangat besar untuk masa depan yang lebih baik bagi atlet Indonesia. Kita maju bersama, mendukung prestasi dan pendidikan mereka demi masa depan olahraga Indonesia,” kata Menpora.

Karena itu, ia berharap program beasiswa tersebut akan mendapat dukungan dari para pemerhati olahraga, media, dan masyarakat untuk menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik bersama-sama.

Lebih jauh ia menjelaskan program Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan ditujukan untuk warga negara Indonesia yang bergerak di bidang keolahragaan (sport/e-sport) agar dapat menempuh jenjang pendidikan magister dan doktor dengan tujuan perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Melalui program ini, para penerima beasiswa dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keahlian tenaga profesional di bidang olahraga, mendukung pengembangan ekosistem olahraga di Indonesia, sekaligus apresiasi kepada prestasi dan dedikasi insan olahraga.

Adapun beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan nantinya akan efektif dilaksanakan dan dibuka untuk insan olahraga Indonesia mulai tahun 2025.