Batam (ANTARA) - Satuan kapal patroli (Satrol) Lantamal IV Batam membantu penanganan kebakaran kapal roro KM Tandeman di Pelabuhan Telaga Punggur Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Komandan Satrol (Dansatrol) Lantamal IV Kolonel Laut (P) Tony Prio mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran terjadi di kapal roro KM Tandeman pada pukul 14.30 WIB.

“Anggota Satrol yang sedang berada di dermaga melihat asap mengepul dari arah belakang Pulau Kasam,” katanya.

Roro adalah kapal roll on - roll off memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam atau keluar kapal dengan menggunakan penggerak sendiri.

Pada saat itu, kata dia, Patkamla Lingga yang sedang melaksanakan patroli di Perairan Piayu juga melihat kepulan asap, dan langsung menuju lokasi. Termasuk F1QR, unit reaksi cepat Lantamal IV bergerak ke Dermaga Satrol.

Setibanya di lokasi sekitar pukul 14.45 WIB terlihat api mengepul dari anjungan KM Tandeman yang sedang lego jangkar.

“F1QR yang tiba duluan segera melaksanakan evakuasi anak buah kapal (ABK) sebanyak 12 orang dan dipindahkan ke Patkamla Lingga yang menyusul tiba di lokasi,” katanya.

Selang 10 menit (14.55), sebanyak 12 ABK yang berhasil dievakuasi dibawa ke Takamla Lingga menuju Dermaga Satrol, tiba pukul 15.10 WIB dalam keadan baik, namun mengalami sedikit shock.

Penanganan dan evakuasi kebakaran kapal roro KM Tandeman melibatkan unsur Satlor dari Patkamla Lingga, RBB 8,5m dan F1QR Lantamal IV.

“Beryukur personal dan semua unsur Satrol dalam keadaan aman dan baik,”

Hingga berita ini diturunkan, proses pemadaman api di kapal roro KM Tandeman masih berlangsung, faktor cuaca turut mempengaruhi tim dari Lantamal IV membantu penanganan kebakaran.

Namun dipastikan tidak ada korban dalam kejadian tersebut, seluruh ABK kapal telah berhasil dievakuasi. Dan jalur pelayaran tidak mengalami gangguan untuk kapal lainnya.

Baca juga: Kapal roro KMP Tandeman terbakar di perairan Pulau Asam Kepri