Jakarta (ANTARA) - Juru bicara tim pemenangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung dan Rano Karno, Chico Hakim optimistis bisa menang satu putaran di Pilkada DKI Jakarta.
"Terkait dengan survei yang dilakukan Poltracking, lembaga yang dipimpin Hanta Yudha, kami melihat ada kesamaan dan tren yang menggembirakan yaitu tren kenaikan elektabilitas dari pasangan Mas Pram dan Bang Doel," kata Chico Hakim dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: KPU Jakpus gencarkan sosialisasi Pilkada DKI ke kalangan komunitas
Optimisme Chico Hakim didasarkan atas hasil survei yang dilakukan LSI pada 6-12 September 2024 dan Poltracking pada 9-15 September 2024.

Hasil survei LSI dengan Poltracking sangat menggembirakan lantaran terlihat ada kenaikan elektabilitas dari 28 persen menjadi 31,5 persen atau hampir 32 persen.

Padahal, kata Chico, tingkat pengenalan cagub Pramono Anung di masyarakat masih di bawah 50 persen.

Baca juga: Pengamat harap paslon jujur di debat perdana Pilkada Jakarta
Menurut Chico pada prinsipnya hasil survei tersebut sesuai dengan harapan dan proyeksi tim yang terus menggeliatkan kampanye sosialisasi turun ke semua daerah di Jakarta.

"Ini artinya, survei yang digelar Poltracking setelah survei LSI yang kemudian ada kenaikan tren di situ," ujarnya.

Terlebih, lanjut dia, terlihat tingkat kesukaan masyarakat terhadap Pramono sangat tinggi. Sementara, tingkat pengenalan Rano di masyarakat sudah cukup tinggi lantaran sudah dikenal sebagai bang Doel di film dan sinetron Si Doel Anak Betawi.

Baca juga: KPU tetapkan transformasi Jakarta jadi tema debat perdana Pilkada DKI
Chico mengatakan dalam waktu dekat ini timses Pramono-Rano akan mempublikasikan hasil survei internal yang diharapkan ada kenaikan positif.

Berdasarkan hasil survei LSI, apabila Pilkada Jakarta digelar tanggal 6-12 September (sesuai waktu survei digelar), maka sebanyak 51 persen responden akan memilih RK-Suswono, 28 persen memilih Mas Pram dan Bang Doel, lalu sekitar 3 persen memilih Dharma-Kun.

Hasil survei yang dirilis sejumlah lembaga survei saat ini belum bisa mencerminkan apa yang akan terjadi di hari pencoblosan Pilkada.

Debat pertama calon gubernur dan wakil gubernur DKI dalam Pilkada akan dilaksanakan tanggal 6 Oktober 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pukul 19.00 WIB.