Paris, (ANTARA/PRNewswire)- Pada 27 September lalu, sebuah forum bertajuk "Cooperation and Prospects for Sustainable Development in the New Era" berlangsung di Paris, Perancis. Tongji University menjadi tuan rumah forum ini, sedangkan panitia penyelenggara adalah School of Economics and Management of Tongji University (disingkat "Tongji SEM"), serta Alumni Tongji di Perancis. Jiagui, Minister Counselor, Education Department, Kedutaan Besar Tiongkok di Perancis, Jean-Baptiste DJEBBARI, mantan Menteri Perhubungan Perancis, SHI Zhenming, Vice President, Tongji University, turut menghadiri forum tersebut. Hampir 100 pakar dan akademisi di sektor pendidikan dan bisnis di Tiongkok dan Perancis juga berpartisipasi.


Forum ini merupakan salah satu kegiatan yang digelar Tongji University untuk merayakan 60 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Perancis, serta menjadi bagian dari rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Tongji SEM ke-40.




Dekan Tongji SEM XIE En memaparkan sejumlah pencapaian pembinaan SDM Sino-French Business Administration Talent Pilot Program dalam 25 tahun terakhir. Dia juga saling bertukar ide dengan dekan-dekan fakultas ilmu bisnis lain tentang cara mempromosikan transformasi dan pembangunan bermutu tinggi disiplin akademik melalui digitalisasi "triad", pembangunan hijau, dan integrasi. Para dekan berkata bahwa universitas-universitas di kedua negara tersebut harus meningkatkan integrasi dengan kalangan perusahaan dan industri, serta memperluas kerja sama multidisipliner dan interdisipliner. Dengan demikian, pihak-pihak terkait berkontribusi terhadap pembinaan SDM yang menguasai kompetensi global, serta menggerakkan pembangunan berkelanjutan.




Para perwakilan industri pun mengemukakan langkah-langkah untuk mempererat kerja sama antara sektor pendidikan dan usaha guna membina SDM teknologi baru yang mampu beradaptasi dengan perubahan pasar.




Tongji University adalah salah satu universitas komprehensif pertama di Tiongkok yang menggagas kerja sama dan aktivitas pertukaran dengan Perancis. Dalam kerja sama yang telah terjalin 30 tahun terakhir, Tongji University telah membina kemitraan dengan lebih dari 60 universitas di Perancis. Bahkan, lebih dari 20 akademi di Tongji telah bekerja sama dengan Perancis. Sino-French Business Administration Talent Pilot Zone Program yang dikelola Tongji SEM merupakan salah satu program akademik dual degree Tiongkok-Perancis di Tiongkok. Program ini telah mengembangkan elite manajemen internasional yang memiliki perspektif global, serta memahami aturan-aturan internasional. Mereka juga berpartisipasi dalam isu-isu dunia dan kompetisi global. Maka, program ini berperan penting dalam sektor pendidikan, teknologi, pertukaran budaya, dan bidang-bidang lain antara Tiongkok-Perancis.