Jakarta (ANTARA) - Panitia Besar (PB) Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 menyiapkan 62 armada bus untuk memastikan kelancaran transportasi kontingen atlet, pelatih, dan ofisial yang tiba di Kota Solo, Jawa Tengah.

Ketua Sub Bidang Transportasi PB Peparnas XVII Taufiq Muhammad menyampaikan menyiapkan armada yang sesuai dengan standar keselamatan dan ramah disabilitas.

"Kami siap membantu penjemputan. Hari ini kami meluncurkan 20 bus dan 12 mobil box di Bandara Ahmad Yani, Semarang. Sedangkan di Bandara Adi Soemarmo, kami menyiapkan 30 bus, bus low deck bantuan dari Pemprov DKI Jakarta, serta minibus khusus kursi roda," kata Taufiq dalam keterangan resmi Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia yang dikutip di Jakarta, Rabu.

Armada ini akan digunakan untuk mengangkut lebih dari 3.000 atlet dan 1.500 ofisial selama perhelatan berlangsung, mulai dari kedatangan di bandara hingga menuju lokasi pertandingan dan tempat penginapan.

Seluruh armada yang digunakan untuk penjemputan dan pengangkutan kontingen telah menjalani pengecekan teknis yang ketat. Proses pengecekan atau ramp check dilakukan guna memastikan semua kendaraan memenuhi standar keselamatan jalan.

Tak hanya itu, para pengemudi juga menjalani tes kesehatan dan tes narkoba untuk memastikan kondisi mereka siap bertugas. Untuk memfasilitasi kebutuhan disabilitas, armada yang disediakan dilengkapi dengan aksesibilitas khusus.

Baca juga: Transjakarta dukung Peparnas XVII 2024 dengan 10 bus dan 36 personel

Kesiapan armada transportasi ini sangat penting untuk memastikan mobilitas para atlet dan ofisial dari berbagai titik kedatangan, seperti Bandara Ahmad Yani di Semarang dan Bandara Adi Soemarmo di Boyolali berjalan lancar. Selain itu, ada tiga provinsi yang tiba melalui jalur darat.

Taufiq menambahkan telah memberikan pelatihan kepada 130 sukarelawan dan 300 pengemudi agar mereka memahami tugas masing-masing, terutama dalam melayani para peserta dengan disabilitas.

"Kami melakukan briefing kepada semua petugas transportasi, driver, dan volunteer dan semuanya sudah siap bertugas," katanya.

Selain armada reguler, dukungan juga datang dari Transjakarta yang menyediakan 10 bus khusus penyandang disabilitas yang akan mendukung transportasi selama Peparnas XVII.

Baca juga: PB Peparnas monitoring kesiapan akomodasi untuk atlet dan ofisial
Baca juga: Penyelenggara Peparnas sediakan lebih dari 9.000 tiket pembukaan