Jakarta (ANTARA) - Liga Bola Basket Amerika Serikat NBA membagikan daftar sejumlah pemain yang terus bersinar dan aktif bermain bahkan ketika usia mereka sudah mencapai kepala tiga.

Dikutip dari keterangan resmi NBA Indonesia, Rabu, pemain pertama adalah LeBron James yang terus memperkuat posisinya sebagai salah satu pebasket terhebat sepanjang masa.

Pada usianya yang sudah menginjak 39 tahun, ia merupakan pemain aktif tertua di NBA saat ini.

Sebagai pencetak poin terbanyak sepanjang masa di NBA, James memberikan pengaruh besar melampaui pencapaiannya di lapangan. Dia juga telah menjadi pendukung kuat untuk keadilan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Menjelang usia 40-an, warisannya menginspirasi generasi baru, termasuk putranya sendiri, Bronny James, yang kini bermain di tim yang sama dengan ayahnya.

Lebih lanjut adalah Kevin Durant yang merupakan salah satu pencetak skor paling produktif di NBA pada usia 36 tahun.

Kemampuan Durant untuk mencetak skor dari berbagai posisi di lapangan dan penampilannya yang menentukan kemenangan telah menghasilkan beberapa gelar pencetak skor terbanyak dan gelar juara NBA.

Jump shots yang mulus dan penampilannya yang menentukan kemenangan telah mengantarkannya meraih dua gelar juara NBA, dua penghargaan Finals MVP, dan penghargaan MVP musim reguler pada 2014.

Pemain ketiga adalah Stephen Curry yang kini menginjak usia 36 tahun. Ia memimpin Warriors meraih beberapa gelar juara dan memecahkan banyak rekor three-point shots.

Pengaruh Curry bukan sekadar angka; ia telah menginspirasi generasi pemain untuk bisa melakukan long-range shooting, mengubah fundamental geometri permainan.

Selanjutnya, ada Jimmy Butler yang merupakan salah satu pemain dua arah terbaik di liga.

Baca juga: Legenda bola basket kelahiran Kongo Dikembe Mutombo wafat

Dikenal dengan pertahanan lockdown, mencetak skor pada saat-saat krusial, dan kemampuannya untuk meningkatkan permainan timnya, Butler telah menjadi jantung dan jiwa Miami Heat.

Kemampuan bersaing yang kuat dan kepemimpinan alaminya telah secara konsisten meningkatkan performa tim-timnya, terutama memimpin Miami Heat ke penampilan tak terduga di NBA Finals pada 2020.

Pemain terakhir dalam daftar adalah Jrue Holiday yang berperan penting dalam kemenangan juara Milwaukee Bucks pada 2021 dan menjadi juara bertahan saat ini saat memenangkan gelar juara bersama Boston Celtics pada 2024, mengukuhkan reputasinya sebagai pemain yang meningkatkan kinerja timnya di saat-saat penting.

Tiga kali terpilih sebagai NBA All-Star dan dua kali terpilih sebagai Tim Ketiga All-NBA, kehebatan defensif Holiday sangat penting, membuatnya lima kali terpilih sebagai All-Defensive Team, termasuk tiga kali terpilih sebagai First Team.

Permainannya yang menyeluruh dan mentalitasnya yang mengutamakan tim diakui dengan penghargaan NBA Teammate of the year award pada tahun 2020.

Sementara itu, tip-off pre season NBA 2024-2025 bergulir pada 5 Oktober dan musim reguler pada 22 Oktober.

Baca juga: LeBron James optimistis sambut musim ke-22 bersama Lakers
Baca juga: Joel Embiid turunkan berat badan 14 kilo untuk hindari cedera