Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan DPR RI komitmen menampung aspirasi rakyat selama periode kepemimpinannya lima tahun ke depan guna menjaga kepercayaan publik terhadap lembaga legislatif.

"DPR akan membuka ruang pintu aspirasi rakyat selebar-lebarnya dan menampung aspirasi rakyat itu untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang ada di DPR," kata Puan usai ditetapkan kembali sebagai Ketua DPR RI dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Dia menyebut aspirasi rakyat yang disampaikan ke DPR RI itu nantinya akan ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang berlaku dengan meneruskannya ke komisi terkait.

"Nantinya tentu kami bersama akan membuka ruang-ruang untuk bisa menindaklanjuti hal tersebut dengan diberikan kepada komisi-komisi dan AKD (alat kelengkapan dewan) yang kalau (periode) kemarin mungkin belum tertampung," ujarnya.

Baca juga: Ketua DPR: Jumlah komisi dibahas selanjutnya

Dia optimistis periode kepemimpinannya pada 2024-2029 akan ada komisi di DPR RI yang mampu mengakomodasi berbagai aspirasi rakyat yang sekiranya belum terakomodasi oleh DPR RI periode sebelumnya.

"Nanti ke depannya akan ada komisi-komisi yang nanti bisa menampung aspirasi rakyat yang kemarin belum tertampung," ucapnya.

Adapun beberapa waktu belakangan, bergulir wacana jumlah komisi di DPR RI akan ditambah guna menyesuaikan dengan jumlah nomenklatur kementerian pemerintahan mendatang yang diisukan akan bertambah pula, menyusul telah disahkannya Rancangan Undang-Undang tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara (RUU Kementerian Negara).

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Adies Kadir menilai DPR RI periode 2019-2024 telah banyak menerima dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

"Sebagai wakil ketua yang baru, saya sementara tentunya mengikuti seluruh program-program yang telah dilakukan lima tahun yang lalu," kata Adies Kadir yang merupakan Wakil Ketua Komisi III DPR RI periode 2019-2024.

Baca juga: Puan ajak anggota DPR mawas diri jalankan jabatan sebagai wakil rakyat

Dia lantas berkata, "Tentunya saya pribadi dan Partai Golkar, Fraksi Partai Golkar, mendukung seluruh kegiatan dari pada pimpinan yang mendukung untuk menyejahterakan masyarakat di seluruh Indonesia."

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR RI kembali menetapkan Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI untuk masa jabatan 2024-2029. Selain itu, Sufmi Dasco yang merupakan Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 juga kembali ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPR RI untuk masa jabatan 2024-2029.

Adapun tiga nama Wakil Ketua DPR RI 2024-2029 lainnya yakni Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurijal merupakan anggota DPR RI petahana periode 2019-2024 yang baru pertama kali duduk sebagai pimpinan DPR RI.

Sebanyak 580 Anggota DPR RI dan 152 Anggota DPD RI yang terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang hasil Pemilu Legislatif 2024 untuk periode 2024-2029, dilantik pada Selasa ini di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Anggota DPR yang dilantik bertambah dari 575 menjadi 580 orang, sedangkan Anggota DPD RI bertambah dari 136 menjadi 152 orang. Adapun partai politik yang lolos itu yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai NasDem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Baca juga: Wakil Ketua DPR Dasco sebut ada 3 hal yang jadi prioritas ke depan
Baca juga: Saan Mustopa sebut pimpinan DPR harus konsisten jaga marwah lembaga