Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Saan Mustopa menyebut bahwa para pimpinan DPR Periode 2024-2029 harus konsisten menjaga marwah lembaga legislatif tersebut ke depan, sehingga citra baik yang sudah terbangun di tengah masyarakat bisa dipertahankan.

Ia mengatakan, anggota DPR khususnya pimpinan berkewajiban untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap DPR, menjaga kinerja, dan bahkan meningkatkan kinerja dari DPR periode sebelumnya.

"Dan saya tentu sebagai wakil ketua yang baru, harus ikut bersama-sama menjaga dan meningkatkan hal itu," kata Saan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa petang, usai ditetapkan dan dilantik sebagai Wakil Ketua DPR RI untuk 5 tahun mendatang.

Menurut Saan, untuk mewujudkan konsistensi itu diperlukan semangat kebersamaan dari setiap anggota maupun pimpinan, sehingga citra lembaga legislatif itu bisa semakin membaik di mata masyarakat.

Semuanya, lanjut dia harus sama-sama membangun dan bekerja sepenuh hati untuk melayani aspirasi masyarakat.

Baca juga: Puan ajak anggota DPR mawas diri jalankan jabatan sebagai wakil rakyat

Baca juga: Ketua DPR: Jumlah komisi dibahas selanjutnya
"Seperti tadi ditekankan pada pidato awal masa sidang oleh Ketua DPR (Puan Maharani) bahwa meningkatkan kepercayaan terhadap DPR itu menjadi hal yang sangat penting sehingga harus menjadi komitmen bersama," ujar politisi NasDem itu.

Saan menambahkan, sebagai orang yang baru pertama kali menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI, dirinya tentu akan banyak belajar dari dua orang pimpinan DPR yang telah menjabat pada periode sebelumnya, yakni Puan Maharani dan Sufmi Dasco Ahmad.

Pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR telah selesai dilakukan pada Selasa pagi.

Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa sore, menetapkan Puan Maharani dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) kembali menjadi Ketua DPR RI.

Puan didampingi empat wakil ketua, yakni Sufmi Dasco Ahmad (Partai Gerindra), Adies Kadir (Partai Golkar), Cucun Ahmad Syamsurizal (Partai Kebangkitan Bangsa), dan Saan Mustopa (Partai NasDem).