Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bahas peluang kerja sama dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air di kancah global bersama diaspora dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) yang berada di Berlin, Jerman.

Menparekraf dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa menyampaikan, sektor parekraf Indonesia kian melesat maju, bahkan dalam perjalanannya pascapandemi, sektor parekraf Indonesia mengubah paradigma pembangunan pariwisata dari berbasis kuantitas menjadi pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

"Dan alhamdulillah pariwisata kita meningkat pesat dalam Travel and Tourism Development Index kita ada di posisi 22 besar dunia, mengalahkan Turki, Selandia Baru, dan Belgia. Ini patut disyukuri. Tapi kita tidak boleh terlena. Kita harus genjot lebih baik lagi dari segi kualitasnya," kata Sandiaga.

Oleh karena itu, sebagai garda terdepan, Menparekraf berharap Diaspora dan PPI Berlin dapat menjadi agen pariwisata Indonesia untuk turut mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

Ada sejumlah program yang bisa dikolaborasikan antara Kemenparekraf dengan Diaspora dan PPI Berlin di antaranya Festival Seni dan Budaya, kuliner melalui Indonesia Spice Up The World (ISUTW), hingga olahraga, seperti Berlin Marathon, ITB Berlin, dan Gamescom 2024 (Agustus di Koln).

"Dengan kekuatan word of mouth, saya yakin teman-teman di sini bisa menjadi duta pariwisata Indonesia di Berlin dan Indonesia dapat menjadi puncak pikiran bagi calon wisatawan dan tentunya mewujudkan capaian target sektor parekraf di tahun 2024," ujarnya.

Adapun target capaian sektor parekraf pada tahun 2024, yakni wisatawan mancanegara berkisar 9,5 - 14,3 juta kunjungan; nilai devisa negara sekitar 7,38 miliar - 13,08 miliar dolar AS; ekspor ekraf mencapai 27,53 miliar dolar AS; serta penyerapan tenaga kerja pariwisata sebanyak 22,08 juta orang, sementara ekraf 24,7 juta orang.

Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Proyek Manajemen PPI Berlin Gennesaret Kharistio Tjusila menyampaikan pihaknya aktif dalam memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional utamanya Berlin, Jerman.

"Tahun lalu kita berhasil menyelenggarakan acara kebudayaan besar di Jerman yang dihadiri lebih dari 500 orang namanya Archipelago. Kami juga mengundang artis ibu kota tahun lalu Fiersa Besari," katanya.

Baca juga: Kemenparekraf berpartisipasi dalam pameran pariwisata dunia di Jerman
Baca juga: Indonesia kirim tim pengembang gim lokal ke Gamescom 2022 di Jerman
Baca juga: Pameran perdagangan pariwisata ITB Berlin digelar di Jerman