Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Periode 2024–2029 Puan Maharani mengajak seluruh anggota DPR RI untuk mawas diri dalam menjalankan jabatan sebagai wakil rakyat karena masyarakat akan selalu menyoroti tindak-tanduk para anggota dewan.

"Kita sebagai anggota DPR RI memiliki kewajiban-kewajiban sebagai wakil rakyat. Kita dituntut memiliki rasa kepedulian, empati, simpati, pada permasalahan rakyat. Kita dituntut dapat memperjuangkan aspirasi rakyat. Kita harus dapat menempatkan diri dengan memperhatikan kepantasan sosial," kata Puan dalam pidato perdananya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa petang.

Puan mengatakan, membangun citra DPR untuk dipercaya oleh rakyat merupakan bentuk kerja bersama. Menurut dia, hanya anggota DPR itu sendiri yang dapat menjaga kehormatan dan marwah lembaga.

"Marilah kita bangun bersama DPR RI yang semakin dekat dengan rakyat, semakin dipercaya rakyat, dan dapat mensejahterakan rakyat," imbuh Puan.

Di sisi lain, Puan mengundang partisipasi seluruh komponen masyarakat, media massa, kaum intelektual, akademisi, mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat, hingga ormas untuk ikut memberi masukan, pandangan, dan kritik terhadap berbagai kebijakan negara yang akan diambil.

"Berikanlah pandangan, saran, dan kritik yang ikut mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya.

Baca juga: Pidato perdana, Puan tekankan pimpinan DPR kerja kolektif kolegial

Baca juga: Puan: Seluruh anggota DPR bertanggung jawab jalankan amanat rakyat

Baca juga: Puan kembali ditetapkan jadi Ketua DPR untuk 2024-2029


Pada pidato perdananya itu, Puan tidak luput menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh rakyat.

"Atas nama seluruh anggota dan pimpinan DPR RI, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan rakyat kepada kami untuk menjadi wakil-wakil rakyat periode 2024–2029," ucap dia.

Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa sore, menetapkan Puan Maharani dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) menjadi ketua DPR RI.

Puan didampingi empat wakil, antara lain Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra, Cucun Ahmad Syamsurizal dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, dan Saan Mustopa dari Fraksi Partai NasDem.

Puan sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPR RI periode 2019–2024 dan Sufmi Dasco juga merupakan Wakil Ketua DPR RI periode 2019–2024. Sementara itu, Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurijal merupakan anggota DPR RI petahana periode 2019–2024.

Adapun, pada Selasa pagi, sebanyak 580 Anggota DPR RI dan 152 Anggota DPD RI yang terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang hasil Pemilu Legislatif 2024 untuk periode 2024-2029 resmi dilantik.