Jakarta (ANTARA) - Produsen ban FDR meluncurkan ban untuk penggunaan harian​​​​​​ FDR Ultimate Gen-2 Blaze MP Road, yang juga bisa digunakan untuk touring.

“Kami luncurkan dua ukuran ini karena banyaknya permintaan untuk ban ukuran motor matik premium yang dapat melakukan cornering (cara berkendara melintasi tikungan dengan memiringkan motor dan merebahkan badan mengikuti lengkung tikungan dan gerak motor),” kata Direktur PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR Zandhy Utama melalui rilis pers di Jakarta, Selasa.

Hadir dalam dua ukuran, yaitu 120/70-13 TL dan 140/70-13 TL, ban ini diklaim lebih mencengkram alias memiliki grip yang lebih baik dan lebih awet serta dibuat
dengan material dan permukaan yang lebih lembut.

Ban FDR Blaze MP Road diklaim memiliki handling yang ringan dan mantap untuk berkendara dengan kecepatan tinggi, cocok untuk cornering dan touring. Struktur kembang ban menggabungkan bentuk horizontal dan diagonal groove untuk menjaga stabilitas dan daya cengkeram.

Kembang ban Blaze MP Road juga sudah menggunakan pola multilangkah untuk memaksimalkan daya cengkeram ban. FDR juga melengkapi ban itu dengan fitur Progresif TWI agar lebih mudah untuk cek tingkat keausan ban.

Ban Blaze MP Road masuk kedalam varian FDR Ultimate Gen-2 di mana ada dua perbedaan signifikan dalam varian tersebut, yaitu penggunaan kompon baru dan profil ban yang berbeda.

FDR Ultimate Gen-2 menggunakan kompon lembut dengan karet sintetis baru dan karbon hitam untuk meningkatkan daya cengkeram dan tingkat kekerasan ban serta kestabilan saat cornering.

“Karet sintetis baru ini juga meningkatkan daya tahan dan masa pakai, ban jadi lebih awet,” kata FDR Promotion Departement Head Elsafan Rendianto.

Ban FDR Ultimate Gen-2 telah melalui pengujian kemampuan berkendara yang dilakukan oleh penguji profesional di sirkuit balap menggunakan motor matik besar.

Profil ban FDR Ultimate Gen-2 dibuat lebih bulat untuk meningkatkan performa saat cornering. Perbaikan radius mempengaruhi kemampuan menikung dibandingkan ban generasi sebelumnya.

Kemiringan ban FDR Ultimate Gen-2 seperti Blaze MP Road diklaim mampu mencapai sampai 500, sebagai pembanding sudut kemiringan maksimum ban yang digunakan di MotoGP bisa mencapai 600-640.