Guangzhou (ANTARA) - Para peneliti China berhasil menemukan spesies ikan siprinid (cyprinid) baru, yaitu Opsariichthys rubriventris, di Kota Huizhou yang berada di Provinsi Guangdong, China selatan.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal internasional Diversity, Opsariichthys rubriventris dideskripsikan sebagai spesies endemik unik Guangdong, yang mendiami bagian hulu sungai di daerah aliran sungai (DAS) Sungai Mutiara.

Spesies tersebut dapat dibedakan dari kerabatnya melalui beberapa karakteristik, termasuk 13 hingga 14 sisik predorsal, rahang bawah yang menonjol sedikit melebihi rahang atas, dan pipi yang memiliki dua baris tubercle yang memanjang. Selain itu, ikan jantan dewasa menunjukkan warna oranye kemerahan pada rahang bawah, perut, sirip dada, dan tepi anterior sirip analnya.

Zhou Jiajun, salah satu penulis makalah tersebut, mengungkapkan penemuan ini sangat penting untuk memahami evolusi genus Opsariichthys dan untuk melindungi keanekaragaman ikan di aliran Sungai Mutiara.

Menurut Zhou, spesies ini memiliki lingkup persebaran yang sempit dan skala populasi yang kecil. Memiliki warna yang cerah dan nilai hias yang tinggi, ikan ini menjadi buruan dalam perdagangan ikan hias. Namun, beberapa habitat menjadi sulit ditemukan karena penangkapan ikan yang berlebihan, menggarisbawahi perlunya peningkatan perhatian dan perlindungan.