Washington (ANTARA) - Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) meminta SpaceX menyelidiki insiden roket pendorong tahap kedua yang mendarat di luar zona saat kembali ke Bumi setelah roket Falcon 9 membawa misi Crew-9 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

"FAA mengetahui adanya anomali yang terjadi selama misi SpaceX NASA Crew-9 yang diluncurkan dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida pada tanggal 28 September," kata pernyataan resmi FAA pada Senin.

"Insiden tersebut melibatkan pendaratan tahap kedua Falcon 9 di luar area bahaya yang ditentukan. Tidak ada publik yang cedera atau kerusakan properti umum yang dilaporkan. FAA meminta adanya penyelidikan," demikian isi pernyataan tersebut.

Pendiri SpaceX Elon Musk selama akhir pekan lalu menghentikan seluruh jadwal peluncuran roket Falcon 9 berikutnya hingga penyelidikan atas insiden tersebut selesai dan kerusakan diperbaiki.

Hal itu merupakan kendala kedua yang dialami SpaceX dalam satu bulan terakhir yang mengharuskan penghentian peluncuran roket Falcon 9.

Pada Agustus, FAA sempat menghentikan sementara roket Falcon 9 yang dapat digunakan kembali itu setelah roket tahap pertama pesawat antariksa tersebut gagal mendarat tegak di atas kapal tak berawak di laut.

Sumber: Sputnik

Baca juga: Musk : Penerbangan tak berawak ke Mars direncanakan dalam 2 tahun

Baca juga: China umumkan rencana misi eksplorasi "deep space" baru