Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Once Mekel berkomitmen memperjuangkan isu industri kreatif dan budaya selama sebagai wakil rakyat periode 2024—2029.

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan DKI Jakarta II itu menyebut salah satu topik industri kreatif yang diperjuangkannya adalah hak cipta.

"Harus dibahas lagi nantinya saya kira ya, apalagi dengan fenomena teknologi baru yang merambah industri kreatif kita, artificial intelligence (kecerdasan buatan, red.)," kata Once usai mengikuti Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPR/DPD/MPR RI Periode 2024–2029 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Selain itu, Once mengatakan bahwa optimalisasi program pemerintah dan peningkatan pembukaan lapangan kerja juga menjadi perhatiannya.

"Kami harus pastikan supaya fasilitas-fasilitas yang sudah menjadi program, yang sudah baik, benar-benar bisa diterima oleh masyarakat. Kadang-kadang masyarakat tidak menerima apa yang sudah diprogramkan, misalnya fasilitas kesehatan, pendidikan, apalagi di tengah tekanan ekonomi yang kurang baik," ujarnya.

Oleh sebab itu, dia menargetkan bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya selama 5 tahun ke depan meskipun untuk penempatan komisi masih menunggu arahan partai.

Baca juga: Once ajarkan pendidikan politik ke anaknya yang jadi pemilih pemula
Baca juga: Once ajak masyarakat untuk tidak Golput


Sebanyak 580 calon anggota DPR RI terpilih dan 152 calon anggota DPD RI terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang Hasil Pemilu 2024 Periode 2024–2029 dilantik menjadi wakil rakyat pada hari Selasa di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Calon anggota DPR terpilih yang dilantik bertambah dari 575 menjadi 580 orang, sedangkan calon anggota DPD RI terpilih bertambah dari 136 menjadi 152 orang dibandingkan periode sebelumnya.

Berdasarkan hasil Pemilu 2024, partai politik yang lolos ke Senayan adalah PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.