Pemerintah Rakyat Hangzhou





Hangzhou, China (ANTARA/Xinhua-AsiaNet) - Tak peduli jarak, persahabatan sejati tak mengenal batas. Di musim gugur yang indah pada bulan September, ketika aroma manis bunga osmanthus mengisi udara, Dialog Wali Kota Global · Hangzhou dan Konferensi Wali Kota Kota Kembar Internasional Hangzhou ke-9 dimulai di Hangzhou.




Wali kota dan perwakilan dari 24 kota di 15 negara dan wilayah, bersama dengan diplomat dari kedutaan mereka masing-masing dan perwakilan dari departemen serta kota domestik terkait, menghadiri forum tersebut, menurut pemerintah rakyat Hangzhou.




Dengan fokus pada tata kelola perkotaan dan pembangunan berkelanjutan, wali kota dari kota-kota domestik dan internasional terlibat dalam dialog mendalam, berbagi pengalaman maju dalam tata kelola perkotaan dan menyumbangkan kebijaksanaan mereka untuk memajukan pembangunan perkotaan berkelanjutan secara global.




Pada abad ke-13, penjelajah Italia Marco Polo menempuh perjalanan jauh ke Timur dan sangat terpesona oleh Hangzhou, sebuah kota terkenal di pesisir tenggara Tiongkok. Dalam catatan perjalanannya, Hangzhou disebut sebagai "yang terbaik dan termulia di dunia."




Seiring berjalannya waktu, Hangzhou telah menjadi kota yang memadukan jalan-jalan kuno dengan batu bata biru dan genteng hitam serta pemandangan metropolis modern dengan gedung-gedung pencakar langit.




Dengan memanfaatkan warisan sejarah dan budaya yang kaya serta ekonomi digital yang berkembang pesat, Hangzhou menunjukkan bagaimana kota kuno dan modern dapat hidup berdampingan secara harmonis, memimpin dalam tren pembangunan perkotaan berkelanjutan global.




"Danau Barat dapat dibandingkan dengan Kecantikan Xi Zi, apakah dia dihiasi dengan mewah atau berpakaian sederhana." Yao Gaoyuan, wali kota Hangzhou, dengan jelas menggambarkan karakteristik kota yang cocok untuk dihuni, cocok untuk bisnis, dan cocok untuk pariwisata.




"Hangzhou adalah kota yang begitu Anda tiba, Anda tidak ingin pergi, dan bahkan setelah pergi, Anda akan merindukan untuk kembali," kata Yao.




Yao berbagi eksplorasi dan praktik Hangzhou dalam bidang seperti inovasi digital dan tata kelola perkotaan, peradaban ekologi dan pembangunan berkelanjutan kota, serta warisan budaya dan pertukaran kemanusiaan.




Pemberdayaan digital telah meningkatkan tata kelola perkotaan di Hangzhou, membuat kota ini lebih cerdas dan tata kelolanya lebih efisien.




Dengan membangun otak kota digital dan memanfaatkan teknologi seperti komputasi awan, big data, dan pemodelan canggih, Hangzhou telah mencapai pemantauan real-time dan penjadwalan lalu lintas perkotaan yang efisien. Sekarang kota ini dapat langsung mendeteksi volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan area kemacetan, memungkinkan panduan lalu lintas yang tepat dan secara efektif meningkatkan kecerdasan dan ketepatan tata kelola perkotaan.




Yao juga mengutip kasus praktik tata kelola dan konservasi Danau Seribu Pulau di Kabupaten Chun'an di barat daya Hangzhou, untuk menggambarkan pengalaman kota ini dalam menyeimbangkan pembangunan ekonomi dan perlindungan lingkungan.




Dengan memanfaatkan sumber daya air alam yang melimpah, Kabupaten Chun'an telah mengembangkan kluster industri minuman air, dipimpin oleh Nongfu Spring, yang secara signifikan berkontribusi pada nilai output tahunan dan pendapatan pajak. Pada saat yang sama, Danau Seribu Pulau telah menjadi tujuan wisata populer yang menarik jutaan pengunjung. Transformasi luar biasa ini benar-benar mencerminkan konsep bahwa gunung hijau dan air jernih adalah aset yang tak ternilai.




Hangzhou juga sangat berdedikasi dan tidak menyia-nyiakan upaya dalam hal pelestarian dan pewarisan warisan budaya.




Pembangunan ekonomi Hangzhou berjalan seiring dengan pelestarian dan kemakmuran budayanya, tanpa melupakan esensi budaya kota.




Sebagai kota dengan warisan sejarah dan budaya yang kaya, Hangzhou memiliki tiga situs warisan budaya dunia. Pada tahun 2011, lanskap budaya Danau Barat dimasukkan dalam daftar tersebut. Pada tahun 2014 dan 2019, Kanal Besar China dan Situs Arkeologi Liangzhu juga mendapatkan kehormatan yang bergengsi.




Di balik keberhasilan pendaftaran ini terdapat kegigihan dan upaya kota yang telah berlangsung selama beberapa dekade.




Hangzhou secara konsisten menekankan pelestarian holistik, pewarisan sistematis, dan pengembangan inovatif. Kota ini telah membangun kesadaran di seluruh masyarakat tentang pentingnya melindungi warisan sejarah dan budaya. Dengan mengintegrasikan warisan budaya kuno dengan perkembangan perkotaan, Hangzhou menghidupkan kembali warisannya, memancarkan vitalitas dan semangat baru.




Tahun ini menandai peringatan 45 tahun hubungan kota kembar internasional pertama yang dibangun Hangzhou. Selama 45 tahun terakhir, kota ini menjunjung keterbukaan, inklusivitas, saling menguntungkan, dan kerja sama yang saling menguntungkan, serta terlibat dalam pertukaran persahabatan dan kerja sama dengan kota kembar yang menghasilkan hasil-hasil nyata dalam kerja sama internasional.




Secara khusus dalam 16 tahun terakhir, Hangzhou telah menjadi tuan rumah sembilan edisi Konferensi Wali Kota Kota Kembar Internasional Hangzhou, menghasilkan serangkaian pencapaian kerja sama praktis. Konferensi ini telah menjadi platform penting bagi Hangzhou untuk berbagi pengalaman tata kelola dan membahas pengembangan perkotaan dengan kota kembar, menjembatani kesenjangan antara kota dan dunia.




Sejauh ini, Hangzhou telah menjalin hubungan persahabatan dengan 31 kota kembar internasional dan mempertahankan pertukaran persahabatan dengan 42 kota di seluruh dunia.




Mulai dari menjadi tuan rumah KTT G20 Hangzhou, Asian Games Hangzhou, dan Asian Para Games, hingga acara seperti Global Digital Trade Expo dan Forum Liangzhu, serta sekarang Dialog Wali Kota Global · Hangzhou dan Konferensi Wali Kota Kota Kembar Internasional Hangzhou ke-9, Hangzhou merangkul panggung global dengan sikap terbuka dan inklusif.




Kota di China bagian timur ini berharap dapat memberikan lebih banyak kebijaksanaan dan solusinya untuk pembangunan kota berkelanjutan global, serta terus menulis babak baru kejayaan di masa depan.










Sumber: Pemerintah Rakyat Hangzhou