Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Uya Kuya mengajak masyarakat untuk memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada anggota dewan periode 2024—2029 berlatar belakang artis.

"Kasih kesempatan dahulu buat artis-artis yang terpilih ini untuk menunjukkan kinerjanya. Jangan-jangan artis-artis yang jadi DPR ini justru lebih berdampak ketimbang yang bukan artis," kata Uya Kuya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Walaupun demikian, Uya Kuya tidak ingin sesumbar usai menjadi anggota DPR selama 5 tahun ke depan.

"Yang penting 'kan bukan penampilan, bukan fisik kami di DPR, melainkan adalah integritas kami. Intinya itu. Akan tetapi, saya juga tidak menyalahkan masyarakat yang skeptis sama artis," ujarnya.

Sementara itu, Uya Kuya berjanji akan vokal saat menjadi anggota DPR seperti yang dilakukan dalam siniar pribadinya.

"Kalau liat podcast (siniar, red.) saya, apa yang saya lakukan itu mungkin bisa lebih berani daripada anggota DPR yang ada, dan tidak pernah ada sejarah podcast saya yang mengawal kasus hukum, ada oknum-oknum aparat, apa pun, saya take down (cabut rilisnya, red.)," katanya.

Ia mengatakan, "Walaupun, tekanan itu ada selama ini. Jadi, insyaallah kalau saya di dalam sistem akan lebih vokal lagi."

Untuk penempatan, dia mengharapkan menjadi anggota Komisi I, III, IX, atau X DPR RI.

Selain itu, dia mengatakan bahwa isu pekerja migran menjadi salah satu isu yang menjadi perhatian.

"Kalau gue kebanyakan fokusnya pada pekerja migran karena gue daerah pemilihan luar negeri juga. Itu Undang-Undang Pekerja Migran (Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) menurut gue bagus undang-undangnya, tetapi aplikasinya yang belum bagus-bagus banget," katanya.

Baca juga: Pelantikan DPR 2024-2029, Meutya Hafid mengaku terbiasa di Komisi I
Baca juga: Anggota DPR Dapil Jateng II kenakan kostum Ultraman sebelum pelantikan