Beijing, (ANTARA/PRNewswire)- Artikel berita dari China Daily:


21st China-ASEAN Expo, berlangsung di Nanning, Wilayah Otonom Guangxi Zhuang, bertujuan menghasilkan konsensus, mempererat kerja sama yang saling menguntungkan, serta meningkatkan kolaborasi Tiongkok-ASEAN.




Ajang ini, dibuka Selasa lalu dan berlangsung hingga Sabtu ini, menghasilkan beberapa inisiatif baru. Salah satunya, fokus seputar industri-industri strategis baru, perkembangan teknologi dalam sektor teknologi digital, inisiatif rendah karbon, serta energi baru dan smart connected vehicle.




Lebih lagi, ajang ini menampilkan produk high-tech yang dirancang khusus untuk negara-negara ASEAN. Untuk pertama kalinya, 21st China-ASEAN Expo memamerkan kemajuan teknologi dalam layanan kesehatan, teknologi informasi, energi baru, dan sektor-sektor lain. Ajang ini juga mendukung ekspansi perusahaan high-tech ASEAN di Tiongkok dan wilayah lain.




21st CAEXPO turut digelar pada hari pertama ajang tersebut. Lewat 21st CAEXPO, berbagai pelaku bisnis meningkatkan visibilitas pasar, sedangkan khalayak umum bisa mengeksplorasi hasil-hasil nyata dari kerja sama praktis yang terjalin antara Tiongkok dan negara-negara ASEAN.




Pameran tahun ini menempati area dengan luas hampir 200.000 meter persegi, serta diikuti lebih dari 3.000 perusahaan. Malaysia menjadi "theme country" di ajang tahun ini.




Pejabat pemerintah Malaysia juga berdialog dengan CEO perusahaan Tiongkok, serta memperkenalkan kebijakan investasi di Malaysia yang mendorong penjajakan di pasar luar negeri.




Di 21st CAEXPO, Uni Emirat Arab pun menjadi "special partner country" sekaligus menjadi negara Gulf Cooperation Council yang pertama mengikuti ajang tersebut.




Uni Emirat Arab menggelar paviliun pameran yang menampilkan iklim investasi, industri utama, serta proyek kerja sama di negaranya. Lewat paviliun pameran ini, Uni Emirat Arab mendorong dialog langsung dan kemitraan antara berbagai perusahaan.




Lewat diskusi, perusahaan-perusahaan tersebut berkolaborasi di sektor perdagangan, pariwisata, investasi, keuangan, dan teknologi untuk mengeksplorasi bidang-bidang baru, serta kerangka kerja sama yang kian mempererat hubungan ekonomi dan bilateral.




Pameran ini juga memiliki area pameran khusus seputar kegiatan pertukaran budaya Tiongkok-ASEAN yang memperlihatkan sejumlah contoh dan pencapaian kerja sama dalam bidang tersebut.