Jakarta (ANTARA) - Beragam berita hukum telah diwartakan ANTARA, berikut kami rangkum berita terpopuler kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengawali pagi Anda.

BNPT dan Densus 88 Polri perkuat kolaborasi program deradikalisasi

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Detasemen Khusus 88 Anti Teror (Densus 88 AT) Kepolisian Negara RI (Polri) melaksanakan pertemuan dalam rangka memperkuat kolaborasi dalam program pencegahan dan deradikalisasi.

"Beberapa hal yang menjadi fokus kami berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018, yaitu melakukan pencegahan, yang terdiri atas kesiapsiagaan nasional, kontra radikalisasi, dan deradikalisasi," kata Kepala BNPT Komjen Pol. Eddy Hartono dalam pertemuan dengan Densus 88 di Jakarta, Senin, seperti dikutip dari keterangan yang dikonfirmasi.

Selengkapnya klik di sini.

Polri tegaskan tidak menoleransi segala bentuk premanisme dan anarkis

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa Polri telah menginstruksikan semua jajaran untuk tidak menoleransi segala bentuk premanisme dan anarkis oleh siapa pun.

"Kami mengajak seluruh komponen masyarakat saling menjaga keamanan dan ketertiban dengan mengedepankan rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan dalam berpendapat," kata Brigjen Trunoyudo di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

KPK hormati penyelidikan Polda Metro soal Alexander Marwata

Komisi Pemberantasan Korupsi akan menghormati penyelidikan yang dilakukan Polda Metro Jaya soal pertemuan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dengan mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto.

"KPK menghormati penyelidikan yang sedang ditangani Polda Metro Jaya dan yakin bahwa penyelidik akan bertindak secara profesional dan prosedural sesuai aturan hukum yang berlaku," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

Polisi umumkan identifikasi temuan kerangka manusia di Surabaya

Kepolisian Daerah Jawa Timur mengumumkan hasil identifikasi sementara terkait temuan kerangka manusia di Rumah Pompa Wonorejo 1, Kelurahan Kedung Baruk, Rungkut, Surabaya, beberapa waktu lalu.

"21 tulang manusia yang ditemukan itu, terdiri dari tujuh tulang paha, dua tulang klavikula atau selangka kiri, dan satu tengkorak kepala sisi belakang," kata Kabiddokes Polda Jawa Timur Kombes Pol M Khusnan di Mapolda setempat, Surabaya, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

Ketua MK tegaskan hakim konstitusi tak etis komentari RUU MK

Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo menegaskan bahwa hakim tidak etis mengomentari rancangan undang-undang yang sedang bergulir di lembaga legislatif, termasuk RUU Mahkamah Konstitusi.

"Posisi kami, hakim tidak boleh mengomentari (RUU), sebelum undang-undang itu betul-betul ada," ujar Suhartoyo ketika ditemui di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.