Jakarta (ANTARA) - Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) yang juga Co-Owner platform media dalam jaringan The Nusantara Bulletin, Sydney Azzahra, memaparkan tiga hal penting untuk membangun penjenamaan pribadi atau personal branding.

“Dalam membangun personal branding ada tiga pertanyaan yang perlu dijawab, yaitu siapa diri kita, bagaimana orang di sekitar melihat kita, dan apa yang dikatakan Google tentang kita,” kata Sydney dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan hal tersebut dalam pembekalan lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPNVJ di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata Kemendikbudristek, Depok, pada Sabtu (28/9).

Ia menegaskan pentingnya lulusan perguruan tinggi membangun personal branding di dunia digital untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan menggali dan mengenali kemampuan atau potensi terbaik di dalam diri masing-masing tanpa perlu menjadi orang lain.

"Jangan berpura-pura. Kita highlight saja hal-hal terbaik dalam diri kita. Kekurangan-kekurangan kita tinggalkan saja dengan menonjolkan hal-hal terbaik kita," ujarnya.

Sydney juga menyebutkan pentingnya penjenamaan pribadi untuk melawan misinformasi dan disinformasi yang banyak terjadi di media digital.

“Kita saat ini hidup di era digital yang banyak terdapat misinformasi dan disinformasi, karena itu, personal branding menjadi suatu hal yang penting untuk melawan informasi-informasi yang salah mengenai diri kita,” ucapnya.

Ia juga menekankan pentingnya mengoptimalkan platform Google untuk membangun penjenamaan pribadi.

"Google menjadi salah satu instrumen penting karena kita hidup di era digital. Bagaimana kita bisa eksis kalau kita belum terdaftar di dunia digital," paparnya.

Sementara itu, Dekan FISIP UPNVJ Bekti Istiyanto menyebutkan FISIP UPNVJ berhasil meraih peringkat pertama capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) di UPNVJ dengan capaian 93,9 persen.

"Lulusan tidak perlu berkecil hati dengan UPNVJ karena kita saat ini sedang berjalan menuju mendunia. Di tingkat nasional, UPNVJ saat ini berada di peringkat 105 perguruan tinggi," tuturnya.

FISIP UPNVJ memberikan pembekalan kepada 447 lulusan yang akan diwisuda dalam Wisuda ke-73 pada 12 Oktober 2024.

Baca juga: Duta Inspirasi ajak perempuan percaya diri bangun jenama di medsos
Baca juga: Tips membangun citra diri di media sosial