Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.000 pelajar seluruh Jakarta mengikuti kompetisi seni yang digelar di Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB), Gedung Aki Tirem, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara pada 30 September - 3 Oktober 2024 sebagai upaya melestarikan budaya nasional.

“Total ada 2.000 pelajar dari 136 sekolah yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini,” kata Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara, Cucu Rita Sary di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pameran kesenian tradisional Shanghai digelar di Jakarta

Ia menyebutkan ada delapan kategori yang diperlombakan mulai dari menggambar dan seni tari tingkat TK. paduan suara dan seni tari jenjang SD, seni tari dan paduan suara Jenjang SMP, serta vokal grup dan musik Jenjang SMA.

Ia menambahkan untuk juara satu hingga juara harapan 2 akan mendapatkan trofi, piagam, dan uang pembinaan, kemudian, peserta terbaik nantinya akan mewakili Jakarta Utara untuk mengikuti lomba serupa di tingkat provinsi.

Baca juga: Warga Jagakarsa harap pentas seni bangkitkan semangat kemerdekaan

"Pesan kami kepada seluruh peserta untuk tampil secara maksimal dan terus berlatih untuk meraih prestasi," kata dia.

Sementara Asisten dan Kesejahteraan Sekretaris Kota Jakarta Utara, Muhammad Andri menyampaikan apresiasi kepada Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara karena rutin mengadakan kegiatan yang diikuti peserta dari tingkat TK hingga SMA tersebut.

"Kegiatan ini digelar untuk memfasilitasi para pelajar di Jakarta Utara untuk bisa mengekspresikan diri sekaligus membangun kreativitas melalui pentas seni," katanya.

Baca juga: Panggung seni meriahkan kirab Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi

Ia menambahkan kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dengan kelompok seni maupun sekolah.

Ia juga mengajak orang tua bersama-sama mendidik dan mengembangkan potensi anak sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

"Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan semua peserta menampilkan yang terbaik," kata Cucu.