Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 68 orang calon anggota legislatif terpilih dari Partai Kebangkitan Bangsa mengucapkan sumpah janji atau baiat untuk setia kepada partai dan bangsa sebelum dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2024–2029 pada Selasa (1/10).

"Sumpah janji ini menjadi komitmen kita untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas, bersungguh-sungguh dalam menjalankan amanah," kata Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di depan 68 orang caleg terpilih itu di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin.

Tidak hanya itu, sumpah ini diharapkan Muhaimin menjadi pengingat para kader PKB untuk bekerja dengan sungguh-sungguh kepada rakyat, terutama konstituen di masing-masing daerah pemilihan.

Pada kesempatan itu, Cak Imin, sapaan karibnya, juga meminta seluruh kader yang ada di depannya untuk berdiri sambil memegang lilin.

Ketika lilin dinyalakan, lampu di dalam ruangan pun dipadamkan dan prosesi pengucapan sumpah janji dimulai.

Baca juga: PKB sesalkan keputusan KPU tetapkan caleg yang telah diberhentikan

Berikut isi sumpah janji yang diucapkan Cak Imin dan diikuti 68 orang calon anggota DPR RI periode 2024–2029: "Saya, anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR RI dengan ini berbaiat, bersumpah dan berjanji, satu, setia kepada pancasila sebagai dasar negara dan teguh menjaga NKRI dalam setiap langkah dan kebijakan

Dua, setia kepada ideologi politik rahmatan lil alamin dan memperjuangkan visi serta misi PKB dalam setiap langkah politik.

Tiga, saya berjanji dan berkomitmen untuk menegakkan disiplin PKB, menjaga soliditas serta patuh dan setia kepada ketua umum DPP PKB sebagai mandataris tunggal muktamar PKB. Serta tidak akan pernah melakukan pengkhianatan dalam bentuk apa pun.

Baca juga: Cak Imin apresiasi Fraksi PKB perjuangkan pemulihan nama baik Gus Dur

Empat, saya berjanji dan berkomitmen untuk bekerja dengan penuh profesionalisme, berintegritas dan efektif dalam menjalankan tugas-tugas sebagai wakil rakyat.

Saya berjanji dan berkomitmen untuk mendengarkan, memperjuangkan dan memastikan aspirasi dan kepentingan rakyat serta konstituen yang saya wakili secara sungguh-sungguh dan penuh keadilan dalam menjalankan tugas-tugas sebagai anggota DPR,"

Setelah semua kader selesai mengucapkan janji, Cak Imin kemudian menutup kegiatan pembacaan sumpah janji tersebut.

Baca juga: Cak Imin tinggalkan "Senayan" setelah 20 tahun jadi legislator
Baca juga: Bawaslu minta KPU tetap lantik Gufron Siradj dan Irsyad Yusuf