Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berkolaborasi dengan figur publik, Arsy Widianto, menyelenggarakan acara amal, yakni lelang barang sedekah sebagai upaya memadukan kegiatan sosial dan hiburan guna mengajak lebih banyak orang peduli terhadap sesama.

Kepala Divisi Retail Baznas Arief Budiman mengatakan kegiatan lelang barang sedekah sebagai sarana kepedulian masyarakat terhadap pentingnya zakat dan sedekah dalam mengentaskan kemiskinan.

"Kegiatan ini bertujuan dalam pengumpulan dana zakat, infak, dan sedekah yang dapat digunakan untuk mendanai program-program sosial Baznas yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan bantuan bencana," katanya dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Selain menggalang dana, ia menyebut kegiatan lelang barang sedekah merupakan upaya memadukan hiburan dengan kegiatan sosial.

Dengan begitu, publik tidak hanya mendapatkan hiburan dari artis idola mereka, tetapi juga turut berperan aktif dalam misi kemanusiaan.

Melalui kegiatan ini, ia berharap, dapat membuka peluang bagi kelompok-kelompok yang lebih muda untuk terlibat dalam kegiatan amal.

Baca juga: Baznas RI targetkan pengumpulan ZIS 2025 mencapai Rp50 triliun

Selain itu, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran sosial sejak dini melalui figur-figur yang mereka kagumi.

"Tentunya kita ingin lebih banyak masyarakat yang terlibat dalam kegiatan amal melalui acara-acara seperti ini," ujarnya.

Pimpinan Baznas Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan mengharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya zakat dan sedekah dalam kehidupan sehari-hari.

Ia menambahkan keterlibatan figur publik, seperti Arsy Widianto, dalam acara tersebut mampu menarik generasi muda untuk lebih peduli terhadap sesama.

“Generasi muda adalah masa depan bangsa, dan kami ingin mereka tumbuh dengan kesadaran sosial yang tinggi. Melalui dukungan artis seperti Arsy Widianto, kami berharap bisa menjangkau lebih banyak anak muda untuk turut aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan,” ujarnya.

Arsy Widianto menyambut baik kolaborasi dengan Baznas dalam program lelang barang sedekah.

Ia berharap, semakin banyak generasi muda yang termotivasi untuk peduli terhadap sesama.

"Saya merasa senang bisa terlibat dalam acara ini, dan semoga semakin banyak anak muda yang termotivasi untuk berbagi dan peduli terhadap sesama melalui aksi nyata seperti ini," ujarnya.

Lelang barang sedekah Baznas bersama Arsy Widianto digelar di sebuah pusat perbelanjaan di Cikarang pada Minggu (29/9).

Baca juga: BAZNAS siap bersinergi untuk program makanan bergizi gratis
Baca juga: BAZNAS RI optimalkan masjid jadi episentrum kesejahteraan masyarakat
Baca juga: Menko PMK ungkap pentingnya zakat untuk keadilan sosial di Indonesia