Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan bahwa DPR RI periode 2019-2024 telah memberi ruang untuk mengakomodasi kebijakan dan program pemerintahan mendatang sesuai dengan visi-misi yang dicanangkan

Dia mengatakan DPR RI masa jabatan 2019-2024 telah menyelesaikan fungsi anggarannya di tengah masa transisi pemerintahan saat ini menuju ke pemerintahan selanjutnya.

"DPR RI juga memberikan ruang kepada pemerintahan yang akan datang untuk bisa kemudian nantinya membuat kebijakan dan program pemerintahan yang akan datang lebih sesuai dengan visi dan misi pemerintahan yang akan datang untuk membangun Indonesia yang akan datang," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Selain itu, dia menyebut DPR RI masa jabatan 2019-2024 telah menyelesaikan fungsi legislasi pula sesuai dengan mekanisme yang ada, termasuk berupaya menerima kritik dan otokritik dengan baik.

"Namun kemudian belum sempurna, tentu saja kami juga tetap menerima kritik dan otokritik dalam membangun bangsa ke depan untuk bisa menyempurnakan proses-proses legislasi," ucapnya.

Dia menyebut selama menunaikan tugas memimpin DPR RI sejak 2019-2024 pihaknya melalui kondisi global yang tidak baik-baik saja, namun akhirnya mampu melewati dengan baik berkat semangat gotong royong serta persatuan

Dia juga mengatakan seluruh anggota DPR RI masa jabatan 2019-2024 kompak dan solid dalam menjalankan tugas konstitusional di parlemen sekalipun menemui berbagai dinamika, namun pada akhirnya mampu diselesaikan dengan mencari titik temu melalui musyawarah dan mufakat.

"Besok tanggal 1 Oktober pagi Insya-Allah akan dilantik anggota DPR baru periode tahun 2024-2029 dan Insya-Allah berserta pimpinannya juga akan melaksanakan tugas konstitusional-nya lima tahun ke depan juga dengan baik, kompak, dan solid untuk membangun Indonesia ke depan seperti yang kita harapkan bersama," ujarnya.

Baca juga: Pimpinan DPR RI periode 2019-2024 berpamitan usai tutup paripurna

Baca juga: Ditanya kemungkinan jadi Ketua DPR lagi, Puan: Pelantikan dulu saja

Baca juga: Ketua DPR: Selama 5 tahun, DPR telah lakukan 2.962 kunker


Puan lantas mengucapkan terima kasih atas nama pemerintahan dan seluruh anggota DPR RI atas kerja pemerintahan masa jabatan 2019-2024.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan rakyat Indonesia, atas kepercayaannya kepada kami, walaupun kami tidak sempurna, kami sudah berusaha untuk bekerja sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang kami bisa lakukan," kata dia.

Anggota DPR RI periode 2019-2024 telah menyelesaikan masa tugasnya hari Senin (31/9) ini. Dalam Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025, Puan menyampaikan hasil kinerja DPR selama 5 tahun.

Rapat paripurna itu menjadi rapat terakhir DPR periode ini. DPR bersama pemerintah telah menyelesaikan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) menjadi Undang-Undang sebanyak 225 undang-undang (UU).

UU itu diantaranya tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025—2045, UU tentang Keimigrasian, UU tentang Kementerian Negara, UU tentang Dewan Pertimbangan Presiden, dan UU tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2025.