Jakarta (ANTARA) - Lembaga Riset Veracity Data Indonesia mencatat sebanyak 48,58 persen responden akan memilih pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta pada 27 November 2024.

"Sebanyak 48,58 persen responden dari 1.200 responden akan memilih pasangan RIDO. Ini berdasarkan survei yang dilakukan dengan simulasi pada tiga pasangan calon," kata Direktur Lembaga Riset Veracity Data Indonesia, M. Akram Mansyur dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pramono janji bangun pagar pembatas rumah warga di pinggir rel Cideng
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan tiga pasangan calon yang akan berkontestasi pada Pilkada 2024 itu, yakni Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) mendapat nomor urut 01, Dharma Pongrekun-Kun Wardana (nomor urut 02), dan Pramono Anung-Rano Karno (nomor urut 03).

Survei melibatkan sebanyak 1.200 responden menggunakan metode pengambilan sampel acak multi tahap (multistage random sampling) di seluruh wilayah Jakarta.

Sementara itu, sebanyak 32,08 persen responden akan memilih pasangan Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana sebesar 2,25 persen.

"Pasangan Ridwan Kamil-Suswono menjadi pasangan yang disukai oleh masyarakat Jakarta dibandingkan dua pasangan lainnya," kata Akram.

Baca juga: Kun sebut infrastruktur internet sudah 80 persen untuk layani warga
Veracity juga mencatat jika Pilkada Jakarta berlangsung dua putaran, pasangan Ridwan Kamil dan Suswono juga mendapatkan suara lebih banyak jika disandingkan dengan dua pasangan lain.

Ada tiga simulasi yang dilakukan, yakni pasangan RIDO dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana; pasangan RIDO dan Pramono-Rano Karno; pasangan Pramono-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Pada simulasi pertama, pasangan Ridwan Kamil-Suswono mendapatkan suara sebesar 62,50 persen dibandingkan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (7,08 persen) dan yang ragu-ragu (10,58 persen), serta tidak tahu (19,83 persen).

Baca juga: Relawan Prabowo dukung paslon Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada DKI
Sedangkan pada simulasi kedua di putaran kedua, pasangan Ridwan Kamil – Suswono mendapatkan suara 47,67 persen dibandingkan pasangan Pramono Anung-Rano Karno sebesar 32,42 persen, tidak tahu (12,92 persen) dan yang ragu-ragu (7 persen).

Simulasi ketiga, kata Akram, pasangan Pramono Anung- Rano Karno mendapatkan dukungan sebesar 56,58 persen dibandingkan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana yang mendapatkan sebesar 4,92 persen.

"Bila tidak ada perubahan pola kampanye cagub dan cawagub DKI Jakarta, maka pasangan RIDO memiliki peluang paling besar menjadi pemenang di Pilkada Jakarta," ucapnya.