Jakarta (ANTARA) - Ida Fauziyah mengakhiri masa jabatannya sebagai Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) 2019-2024 dengan peluncuran buku "Transformasi Ketenagakerjaan Menyentuhkan Optimisme Indonesia Maju" setelah Presiden menyetujui pengunduran dirinya.

Berbicara dalam peluncuran di Kantor Kemnaker, Jakarta, Senin, Ida Fauziyah mengatakan buku "Transformasi Ketenagakerjaan Menyentuhkan Optimisme Indonesia Maju" menjadi salah satu upaya untuk mengkomunikasikan hasil capaian, program dan kinerjanya selama menjadi Menaker dalam Kabinet Indonesia Maju.

"Saya yakin buku ini dapat menjadi inspirasi bagi pembuat kebijakan, pelaku usaha, pekerja, dan masyarakat dalam mewujudkan ekosistem ketenagakerjaan yang adaptif, inovatif, dan inklusif," kata Ida.

Buku itu, jelasnya, menjadi refleksi atas perjalanan serta masukan bagi pemangku kepentingan dalam merancang kebijakan ketenagakerjaan di masa mendatang.

"Dengan kerja sama yang kuat serta didorong oleh semangat inovasi, kita dapat menciptakan ekosistem ketenagakerjaan yang inklusif dan berkelanjutan," tuturnya.

Dia mengharapkan hasil-hasil kajian yang tertuang dalam buku ini mampu menjadi dasar dalam menyusun dan menyempurnakan kebijakan ketenagakerjaan di masa mendatang.

Baca juga: Presiden setujui pengunduran diri Menteri Desa PDTT dan Menaker

"Semoga kebijakan yang telah dibuat bisa menjawab semua tantangan yang ada dan memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyetujui pengunduran diri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dan Menaker Ida Fauziyah.

"Bapak Presiden telah menerima surat pengunduran diri Bapak Abdul Halim Iskandar dan Ibu Ida Fauziyah, dalam jabatan masing-masing sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Menteri Ketenagakerjaan," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Ari menjelaskan pengunduran diri Abdul Halim Iskandar dan Ida Fauziyah terkait penetapan keduanya sebagai Calon anggota DPR RI Terpilih dalam Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum.


Baca juga: Menaker: Pertambahan wirausaha TKM dukung perluasan kesempatan kerja