Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Jakpus) mempercepat pekerjaan normalisasi drainase (saluran air) jalan-jalan di wilayahnya untuk mencegah genangan saat musim hujan.
"Kami percepat terutama di wilayah yang rawan tergenang seperti di Bendungan Hilir, Tanah Abang," kata Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) Sumber Daya Air Kecamatan Tanah Abang, Eli Menawan Sari di Jakarta, Senin.

Eli menyebut untuk di Bendungan Hilir hingga September ini progres normalisasi sudah mencapai 77 persen sehingga siap untuk menampung air dari jalanan saat terjadi hujan.


Eli juga menjelaskan pekerjaan normalisasi ini merupakan tindak lanjut usulan warga yang mengeluhkan saluran di permukiman kerap meluap saat terjadi hujan deras dalam waktu lama.
"Setelah dicek petugas kami, banyak bagian turap yang mengalami rusak bahkan ambrol yang membuat saluran tidak berfungsi maksimal. Lalu elevasi beberapa saluran titik juga sudah tidak sesuai lagi," ujar Eli.

Baca juga: Jaksel bangun Embung Pemuda untuk kurangi banjir di Srengseng Sawah
Eli menjelaskan saluran di Jalan Bendungan Hilir termasuk yang ada di gang 12 itu merupakan saluran mikro dari permukiman warga RT 02/03 Kelurahan Bendungan Hilir. Aliran dari saluran itu mengarah timur menuju saluran di Jalan Bendungan Hilir untuk selanjutnya dialirkan ke Kali Krukut.

Kondisi saluran itu banyak bagian turap saluran sepanjang sekitar 90 meter yang mengalami rusak. Sebagai tindak lanjut atas keluhan warga, Pemkot Jakarta Pusat melakukan perbaikan dan penggantian material turap dari sebelumnya menggunakan batu kali dengan saluran beton berbentuk U (U-Ditch).

Baca juga: KPU Jakbar siapkan rencana cadangan untuk antisipasi TPS rawan banjir
Kemudian untuk melakukan penyesuaian elevasi, pihaknya melakukan peninggian bagian saluran di area barat sepanjang sekitar 43 meter. Pekerjaan normalisasi itu telah dilaksanakan sejak Selasa (17/9) lalu.

Setiap hari, Sudin SDA Jakpus mengerahkan sebanyak enam petugas untuk mengerjakan saluran dengan dimensi tinggi dan lebar sekitar 40 sentimeter (cm) di lapangan.

"Hingga saat ini progres sudah 77 persen. Targetnya pekan ini rampung," ucap Eli.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Pusat sudah menyelesaikan normalisasi saluran di Jalan Rawa Selatan Buntu, RW 07 Kelurahan Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, yang dilaksanakan sejak 27 Agustus hingga 26 September 2024.

Baca juga: Heru sebut ada lima program prioritas dalam APBD 2025
Revitalisasi saluran sepanjang 100 meter ini dilakukan dengan mengganti turap yang sebelumnya menggunakan material batu kali dengan beton U-Ditch berukuran lebar dan tinggi 100 sentimeter dan bagian atasnya dilengkapi beton penutup.

Kemudian, saluran sepanjang 100 meter di dua sisi Jalan Danau Danplas RT 18/04 Kelurahan Bendungan Hilir, Tanah Abang juga sudah rampung sejak 23 September 2024.

Normalisasi saluran yang memiliki tinggi dan lebar 60 sentimeter ini mulai dilaksanakan sejak Kamis (15/8) lalu oleh 10 personel satuan petugas (satgas).