Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menghadirkan "water station" atau dispenser air minum yang dapat dimanfaatkan oleh penumpang secara gratis di sejumlah stasiun untuk mendukung kelestarian lingkungan dan inovasi berkelanjutan.

"Setelah hadir di Stasiun Purwokerto dan Stasiun Kutoarjo, kini 'water station' hadir di Stasiun Kroya sejak tanggal 15 September 2024," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Menurut dia, pihaknya memprogramkan dispenser air minum tersebut akan hadir secara bertahap di stasiun-stasiun lainnya yang berada di Daop 5 Purwokerto.

Dengan demikian, kata dia, pekerja di lingkungan KAI maupun penumpang dapat mengisi botol air minumnya melalui dispenser tersebut secara gratis.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga mulai membangun kebiasaan pekerja maupun penumpang untuk membawa botol air minum sendiri guna menekan penggunaan botol plastik sekali pakai di lingkungan kerjanya dan secara bertahap di stasiun-stasiun.

Baca juga: KAI Purwokerto antisipasi rintang jalan pada musim hujan

Baca juga: KAI Purwokerto berikan diskon tiket untuk dukung Cilacap UMKM Expo


"Semangat keberlanjutan ini tak hanya menjadi budaya baru di KAI, namun kami juga ingin mengajak para pelanggan untuk ikut berperan serta dalam komitmen global dan nasional untuk mewujudkan kelestarian lingkungan demi generasi mendatang," katanya.

Dia mengatakan hal itu juga sebagai salah satu bentuk kampanye kepada masyarakat khususnya bagi pelanggan KA karena sampah plastik dari bekas minuman kemasan tidak hanya sulit terurai, juga dapat menyebabkan kerusakan ekosistem dan merusak keseimbangan alam.

Terkait dengan hal itu, dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengurangi penggunaan plastik sekali pakai karena pelestarian lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau industri besar, juga menjadi tugas semua pihak dan masing-masing individu.

"Gerakan yang dilakukan secara bersama-sama ini kelak akan memberikan kontribusi nyata untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari bagi generasi mendatang," kata Feni.

Baca juga: Harga tiket 14 KA di Daop Semarang didiskon saat peringatan HUT KAI

Baca juga: KA Logawa gunakan rangkaian ekonomi "stainless steel new generation"