Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 sekaligus Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkapkan ada lima nama calon penggantinya dari Fraksi PKB yang akan mengisi jabatan Pimpinan DPR RI periode 2024-2029.

Adapun Cak Imin tidak akan melanjutkan lagi karir-nya sebagai Anggota DPR RI, karena tidak mendaftarkan sebagai peserta Pemilu Legislatif 2024. Sedangkan PKB masih tetap memiliki jatah untuk mengisi kursi Wakil Ketua DPR RI.

"Nanti malam akan rapat DPP ya, mungkin akan seru di situ," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Sejauh ini, dia pun enggan menyebutkan dan masih merahasiakan lima nama calon Pimpinan DPR RI dari Fraksi PKB tersebut. Dia juga belum mengonfirmasi terkait nama Faisol Riza yang diisukan bakal menjadi Pimpinan DPR RI selanjutnya.

Baca juga: Lodewijk analogikan sosok diusung Golkar jadi Waka DPR seperti wayang

Baca juga: Cak Imin sebut pimpinan DPR diisi seluruh partai usulan sulit


"Ada lima kandidat yang masuk, akan kita godok betul dalam diskusi panjang," ucap dia.

Dia pun memastikan bahwa PKB akan menyatakan kesimpulan terkait nama calon Pimpinan DPR RI pada Selasa (1/10) pagi, sebelum acara pelantikan Anggota DPR RI periode 2024-2019.

Di masa kepemimpinan-nya selama lima tahun terakhir, dia menilai bahwa DPR menjalani periode yang dinamis dan harmonis. Menurut dia, semua permasalahan yang ada selama lima tahun terakhir sangat dinamis, namun bisa diselesaikan secara harmonis.

Dia pun berpamitan saat melaksanakan konferensi pers setelah rapat paripurna terakhir pada Senin ini. Selain itu, dia pun mengaku sudah menandatangani surat pensiun sebagai legislator.

"Saya berharap ketika saya nanti sudah nggak di DPR, jangan hanya dinamis dan harmonis, tapi dinamis dan produktif," kata mantan calon wakil presiden tersebut.