Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan pelepasan terhadap atlet dan pelatih asal Sleman yang akan berlaga di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII di Solo, Jawa Tengah, pada 6-13 Oktober 2024.

Prosesi pelepasan atlet dilakukan secara simbolis oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sleman Kusno Wibowo di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Senin, yang ditandai dengan penyerahan jaket dan uang saku kepada perwakilan atlet dan pelatih.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Sleman Ratna Dewi Setianingsih mengatakan bahwa pada tahun ini Sleman mengirimkan 47 atlet dan 12 pelatih. Nantinya atlet Sleman akan mengikuti 12 cabang olahraga di antaranya atletik, angkat berat, bocia, bulutangkis, catur, panahan, goalball, taekwondo, judo, tenis meja, tenis kursi roda, dan tenpin bowling.

"Sebelum berangkat, nanti kontingen asal Sleman akan melakukan persiapan mengikuti kegiatan pembekalan dan motivasi dari NPC DIY pada 1 Oktober," katanya.

Baca juga: Kerbau Bule Kiai Slamet jadi maskot Peparnas XVII 2024

Ratna menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sleman yang telah mengalokasikan dana senilai Rp1 miliar untuk kegiatan NPC Sleman dan Pembinaan Atlet 2024.

"Kami sampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian yang telah diberikan Pemerintah Kabupaten Sleman kepada para atlet. Dan untuk teman-teman atlet, seperti harapan kita bersama, mari jaga nama baik Sleman dan DIY dengan berperilaku baik dan juga menjaga kesopanan," katanya.

Pjs Bupati Sleman Kusno Wibowo menyampaikan dukungannya terhadap seluruh kontingen asal Kabupaten Sleman dalam ajang Peparnas XVII, dan berharap atlet dapat bertanding secara sportif untuk mencapai prestasi terbaik.

Baca juga: Menpora optimistis Peparnas jadi momentum jaring calon atlet pelatnas

"Seluruh altet NPC Kabupaten Sleman agar menunjukkan kemampuan terbaik, berjuang dan menang dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas," katanya.

Menurut dia, Peparnas menjadi kesempatan baik untuk menjaring bibit atlet berprestasi. Selain itu, momentum ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pembinaan olahraga prestasi atlet penyandang disabilitas.

Kusno mengimbau kontingen asal Sleman agar bertanding secara tangguh baik secara fisik maupun mental.

Baca juga: Mendagri ajak semua pihak sukseskan Peparnas XVII Solo 2024

"Tentunya kita berharap agar kontingen NPC dari Kabupaten Sleman dapat meraih prestasi yang terbaik. Dan jadikan Peparnas Ke-17 Solo Tahun 2024 ini sebagai ajang pembuktian diri dan meraih prestasi yang terbaik," katanya.